Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Usik Pasar Daihatsu Xenia di Sumatera

Kompas.com - 12/02/2019, 15:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SIBOLGA,  KOMPAS. com - Pasar Sumatera sampai saat ini diklaim menyumbang 17 persen bagi penjualan Daihatsu secara nasional. Dari proposisi penjualan low multi purpose vehicle (LMPV), Xenia sendiri berada di urutan ketiga

Ketatnya persaingan di segmen MPV sejuta umat,  membuat Xenia mulai tergerus.  Terutama dengan hadirnya  Xpander yang pada 2018 lalu sukses menempel Avanza di posisi kedua untuk Pasar Sumatera.

“Pada 2018  Avanza tetap paling laris pertama, kemudian kedua Mitsubishi Xander, baru Xenia. Kita tergeser dari sebelumnya di nomor dua," kata Regional Manager Sumatera AI-DSO Budhy Lau, saat sesi test drive Xenia 1.500 cc di Sibolga, Sumatera Utara, kepada wartawan Senin (11/2/2019). 

Baca juga: Kata Daihatsu, Xenia 1.5 Bukan Lawan Mitsubishi Xpander

Budhy mengakui bila datangnya Xpander memang cukup fenomenal. Bahkan bukan hanya untuk pasar di Sumatera saja tapi juga di berbagai area di Indonesia.

Tampilan baru Daihatsu Xenia facelift Tampilan baru Daihatsu Xenia facelift
Penurunan Xenia di Sumatera sudah terasa sejak 2016 lalu, bahkan pada pada 2018 drastis sampai 13 persen. Namun dengan penyegaran yang dilakukan terhadap Xenia,  Budhy mengaku cukup percaya diri bisa mendongkrak penjualan Xenia kembali di Sumatera, apalagi tersedia pilihan mesin 1.500 cc.

"Total 2018 di 5.125 unit, tahun sebelumnya 5.900 unit, di tahun sebelumnya lagi (2016) 6.147 unit. Jadi selama tiga tahun tren menurun, kira sampai turun 13 persen. Dengan ada penyegaran baru ini diharapkan kita bisa tumbuh dari tahun lalu,” kata Budhy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com