Helm Pintar Shoei Beri Kemudahan Pengendara Lihat GPS

Kompas.com - 12/02/2019, 14:32 WIB
Prototipe helm Shoei dengan fitur Head up displayNS West Prototipe helm Shoei dengan fitur Head up display

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm menjadi pelengkapan wajib dalam berkendara sepeda motor. Namun kebutuhan untuk informasi navigasi juga diperlukan selama berada di atas motor.

Baru-baru ini produsen helm Shoei asal Jepang mengumumkan bahwa mereka akan memberikan teknologi head up display (HUD) pada produk mereka. Rencananya, produk Shoei di 2020 sudah mengadopsi teknologi ini.

Helm yang diberi nama Smart Helmet for Motorbikes ditunjukkan pada pameran CES 2019 di Las Vegas, bulan lalu. Proyek ini bekerja sama dengan NS West, penyuplai teknologi HUD untuk Mazda dan Daihatsu. 

Teknologi ini berangkat dari pemikiran bahwa penggunaan telepon genggam yang diletakkan di dekat pengendara untuk navigasi berpotensi mengganggu konsentrasi. Ini karena pengendara harus menggerakkan kepalanya untuk melihat telepon genggam tersebut dan ini beresiko.

Ini Model Helm yang Cocok untuk Musim Hujan

Dikutip dari Japan Today, teknologi HUD ini merupakan tipe kombinasi dimana informasi ditampilkan di layar transparan. Baik Shoei maupun NS West mengklaim teknologi ini dioptimalisasi untuk pengendara motor.

Fitur lain teknologi ini adalah kemampuan terang gelap layar informasi dapat di tingkatkan untuk penggunaan beragam kondisi, seperti siang maupun malam hari. Pengaturan otomatis juga tersedia untuk membuat terang gelap layar berubah sesuai cahaya.

Untuk mencegah terlalu banyak informasi yang ditampilkan dan mengganggu konsentrasi, informasi dibatasi hanya penunjuk arah, garis petunjuk, jarak dan cuaca. Tidak ada petunjuk kecepatan seperti pada GPS umumnya.

Penggunaan helm ini cukup dengan menghubungkan telepon genggam dengan helm melalui koneksi Bluetooth. Aplikasi khusus akan digunakan untuk menghubungkan dengan helm ini.

Diagram kerja helm pintar dari ShoeiNS West Diagram kerja helm pintar dari Shoei

Dari purwarupa yang ditunjukkan, helm tersebut akan memiliki berat 1.800 gram dengan unit HUD sebesar 260 gram belum dengan baterai. Proyek yang dikembangkan selama tiga tahun ini  sudah melalui serangkaian uji coba ketat.

Belum ada perkiraan harga untuk produk helm pintar ini. Namun jika melihat harga helm Shoei sekitar Rp 7 jutaan, dengan kehadiran teknologi ini bisa saja meningkat menjadi Rp 10 jutaan.

Jika mengingat topik yang tengah hangat beberapa waktu lalu soal penggunaan GPS saat berkendara, bisa jadi ini salah satu jalan keluarnya.




Close Ads X