Ridwan Kamil Sebut Jawa Barat Mau Bangun Sirkuit MotoGP

Kompas.com - 10/02/2019, 12:32 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berfoto bersama pebalap Moto GP Marc Marquez di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Sabtu (9/2/2019).Dokumentasi Humas Pemprov Jabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berfoto bersama pebalap Moto GP Marc Marquez di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Sabtu (9/2/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa sudah ada investor lokal yang datang untuk minta izin membangun fasilitas sirkuit di daerah Bandara Kertajati, Majalengka. Jangka panjangnya, sirkuit itu akan digunakan buat menyelenggarakan MotoGP di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu melanjutkan, dua investor tersebut masih berasal dari Indonesia, dan tahun ini akan mulai melakukan nota kesepahaman dengan pihak-pihak terkait.

"Jadi masih MoU dulu, luas tanahnya sekitar 200 hektar, kalau realisasinya tahun ini, berarti akan dimulai tahun depan," ujar Emil di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/2/2019).

Daerah tersebut, kata Emil memang akan dibangun kota baru dan bisa berkembang menjadi kawasan Segitiga Emas di Jawa Barat. Menurut dia, dalam membangun sirkuit, jangan hanya memikirkan tempat tetapi jumlah penduduknya juga.

Baca juga: Marquez Kuasai Hari Pertama Tes MotoGP Sepang

"Jawa Barat ini wilayah dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, pengguna motornya juga banyak. Adanya investor ini juga sekaligus menandakan bahwa peluang bisnis event berbentuk olahraga menjadi besar sekali," kata Emil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berfoto bersama pebalap Moto Gp Marc Marquez di Menara Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Sabtu (9/2/2019).Dokumentasi Humas Pemprov Jabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berfoto bersama pebalap Moto Gp Marc Marquez di Menara Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Sabtu (9/2/2019).

Pria kelahiran Bandung itu melanjutkan, MotoGP juga bukan hanya urusan olahraga, tetapi berkaitan dengan dunia pariwisata, oleh sebab itu perlu didukung karena bisa memajukan tempat wisata lokal.

"Saya tidak masalah, karena MotoGP itu orang dari seluruh dunia datang sehingga bisa memperkenalkan pariwisata lokal juga," ucap Emil.




Close Ads X