Kompas.com - 04/02/2019, 16:04 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana untuk menyusun kembali rancangan uji tipe untuk kendaraan listrik. Aturan ini rencananya akan selesai di akhir Februari 2019 ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, menjelaskan aturan ini nantinya akan menyesuaikan untuk pengujian kendaraan listrik yang saat ini sudah mulai ramai di Indonesia.

"Yang ada sekarang kita lengkapi, kita susun ulang untuk yang penggerak listrik. Karena secara pengujian kan berbeda dengan kendaraan bermesin biasa atau konvensional. Kalau dilihat, memang sudah banyak yang melakukan uji tipe sejak tahun lalu," ucap Budi kepada Kompas.com, Minggu (3/2/2019).

Baca juga: Skutik Listrik Lincah Sudah 60 Persen Lokal

Budi menjelaskan penyesuaian aturan uji tipe nantinya akan lebih ke beberapa titik yang dikhususnya untuk kendaraan listrik. Contohnya seperti pengetesan motor listrik, kebisingan, sampai daya baterainya.

 BPPT Mulai Inovasi Charging Stationstanly BPPT Mulai Inovasi Charging Station

Namun rancangan tersebut akan didiskusikan lebih dulu dengan produsen kendaraan listrik yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mencari masukan lain bila memang dibutuhkan.

"Kita akan diskusikan minggu ke tiga nanti, bila oke bisa langsung keluar akhir Februari. Tapi kalau ada masukan lain yang bisa dipertimbangkan kita akan coba juga," ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.