Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini Sebelum Ganti atau Modifikasi Lampu Mobil

Kompas.com - 29/01/2019, 12:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bagian pada mobil yang sering diganti atau modifikasi, yakni lampu. Mulai headlamp, menambah lampu reflektor, hingga fog lamp alias lampu kabut.

Namun, tahukan Anda apabila mengganti atau memodifikasi lampu tersebut tidak boleh sembarangan. Sebab, jika salah bisa berakibat fatal, apalagi diganti dengan produk aftermarket, hingga bukan dikerjakan oleh ahlinya.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, sebaiknya jika mengganti lampu, pakai produk bawaan pabrikan, atau apabila harus pakai yang aftermarket, lebih teliti terutama dalam pemasangan.

Baca juga: Perhatikan Ini Bila Pasang Lampu LED di Kendaraan

"Contoh, misal mengganti fog lamp harus benar-benar diperhatikan masalah daya dan lain sebagainya. Jika terlalu berlebihan maka bisa mengakibatkan panas dan terbakar," ujar Sapta belum lama ini kepada Kompas.com.

Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1Otomania/Setyo Adi Headlamp dengan Bi LED jadi penerangan utama All New BMW X1

Sapta melanjutkan, kesalahan yang sering terjadi ketika mengganti lampu standar dengan merek aftermarket, yaitu salah pemasangan sehingga menyebabkan korslet. Bahkan, dalam kondisi tertentu bisa menyebabkan terjadinya kebakaran pada mobil.

"Pemasangan aksesori elektronik pun tidak bisa sembarangan, karena apabila salah wiring bisa menyebabkan komputer pada mobil mengalami malfungsi, aki pun menjadi drop bahkan beberapa sensor ikut tidak berfungsi dengan maksimal," kata Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com