Rahasia Ubahan Tampilan Avanza dan Veloz Terbaru dari Sang Desainer - Kompas.com

Rahasia Ubahan Tampilan Avanza dan Veloz Terbaru dari Sang Desainer

Kompas.com - 15/01/2019, 20:16 WIB
New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor ( TAM) telah memperkenalkan New Avanza dan New Veloz, Selasa (15/1/2019). Toyota mengklaim tidak ada penambahan namun memberikan beberapa perubahan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen modern.

"Avanza terus berubah sejalan dengan keinginan konsumen. Selama 15 tahun perjalanannya di Indonesia, Avanza berubah menjadi kendaraan yang cocok untuk keluarga Indonesia," ucap Executive Chief Engineer New Avanza dan New Veloz Kazutoshi Sakamoto saat pengenalan produk.

Sakamoto mengungkapkan, Toyota akhirnya memutuskan untuk terus mempertahankan DNA Avanza terdahulu. Paling nyata adalah penggunaan penggerak roda belakang dan jarak bodi dengan tanah (ground clearence) 200 mm.

"Juga pada penggunaan mesin yang seimbang antara tenaga dan tingkat efisiensinya. Lalu kita hadirkan berbagai varian untuk memenuhi berbagai kebutuhan kendaraan calon konsumen," ucap Sakamoto.

Baca juga: Ini Dia New Avanza dan Veloz

New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)

Toyota juga menyadari, MPV tujuh penumpang ini tidak hanya dipandang sebagai barang kepemilikan namun juga status sosial. Untuk itu mereka melakukan pendekatan pada desain dengan menghadirkan sentuhan emosional.

Karakter

Desain eksterior mengarah pada pembentukan karakter kuat dimana fungsionalitas masih jadi tema utama. Desain sharp horizontal line digunakan Toyota untuk menghadirkan kesan modern dan berkarakter.

Desain sharp horizontal line ini bisa ditemukan di bagian depan dan samping kendaraan. Kesan tangguh hadir di bagian bawah kendaraan mulai dari lis bodi samping yang dibuat lebih tajam.

"Ide senada juga disematkan pada bagian belakang kendaraan. Sementara itu Veloz hadir dengan desain yang lebih sporty namun tetap mempertahankan kesan elegan sebagai tema utama. Kesan tiga dimensi hadir dengan penggabungan desain tersebut," ucap Sakamoto.

Baca juga: Harga Toyota Avanza Facelift Tidak Naik

Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

Fitur

Dari sisi fitur hiburan, Toyota memberikan premium head unit dengan enam speaker untuk pengalaman hiburan yang lebih baik. Toyota juga memberikan fitur keamanan vehicle security, sensor mundur, digital air conditioner, serta control steering switch.

Kenyamanan hadr dengan penggunaan keyless, engine start stop, electric rectractable mirror dengan auto folding dan fitur follow me home light. Kenyamanan lainnya adalah hadirnya power outlet di baris pertama dan kedua serta USB port di baris ketiga.

Kenyamanan

"Untuk penambahan kenyamanan kami tingkatkan kemampuan electric power steering (EPS) serta penyesuaian untuk coil spring dan shock absorber. Sisi kesenyapan kabin juga kami perhatikan, ini semata-mata untuk pengalaman berkendara yang lebih baik," ucap Sakamoto.

Avanza ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1.3 L dan 1.5 L dengan pilihan varian E dan G dengan transmisi manual dan otomatis. Banderol harganya mulai Rp 188 jutaan sampai Rp 221 jutaan.

New Veloz ditawarkan senada dengan Avanza dengan banderol harga mulai Rp 215 jutaan dan Rp 239 jutaan. Warna baru yang ditawarkan untuk New Avanza dan New Veloz adalah Bronze dan Dark Blue.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X