Pulang Berlibur, Jangan Malas Bersihkan Interior Mobil

Kompas.com - 03/01/2019, 11:02 WIB
Interior Toyota Japan Taxi terlihat simpel dan mudah dioperasikanToyota Interior Toyota Japan Taxi terlihat simpel dan mudah dioperasikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang sudah pulang liburan Natal dan Tahun Baru 2019, menggunakan mobil pribadi jangan malas untuk membersihkan interior. Kebersihan kabin perlu dijaga untuk menambah kenyamanan selama berkendara.

Belum lagi, untuk menjaga agar performa dari pendingin ruangan alias AC tetap maksimal. Sebab, kalau interior kotor, otomatis saringan pada AC menjadi tidak bersih sehingga dapat mempengaruhi kinerjanya.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian, membersihkan interior hukumnya wajib. Sebab, selama liburan tentunya banyak minuman atau makanan yang jatuh ke bagian karpet atau jok mobil.

"Jadi ketika sudah selesai liburannya, harus dibersihkan lagi agar terlihat bersih dan rapih lagi," ucap Deni ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Cara Bersihkan Interior Mobil yang Kena Abu Vulkanik

Deni menjelaskan, cara membersihkannya bisa berbagai cara. Sebagai contoh, pakai alat khusus seperti vacuum cleaner atau mencuci di tempat atau salon khusus interior mobil.

"Bersihkan semua bagian yang ada pada interior, lebih maksimal lagi dilakukan oleh tenaga ahli. Jika ingin sendiri juga tidak masalah, yang penting harus dibersihkan," ujar Deni.

Sementara itu menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, jika dibiarkan kotor maka akan berpengaruh pada filter AC. Debu atau kotoran dari luar yang masuk ke dalam menjadikan blower tersumbat.

"Kalau sudah seperti itu bahaya untuk pernapasan, sehingga harus dibersihkan juga. Ada baiknya juga membersihkan filter AC, karena mobil tersebut sudah digunakan berjalan jauh," ucap Sapta belum lama ini.



Close Ads X