Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Estimasi Perbaikan Interior Mobil Pasca-Tsunami

Kompas.com - 24/12/2018, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana tsunami kembali terjadi di Indonesia yang kini letaknya tak seberapa jauh dari Jakarta, yakni di kawasan wisata Pantai Anyer yang berada di Banten. Selain korban jiwa, beberapa mobil pun ikut menjadi sasaran luapan air laut yang dibawa oleh tsunami.

Dampaknya, selain eksterior mobil yang babak-belur, bagian kabin mobil pun ikut mengalami kerusakan akibat teredam air laut. Kondisi tersebut mau tak mau membuat pemilik mobil harus melakukan perbaikan pada kendaraannya.

Menurut Executive Coordinator Technical Service Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, saat mobil terkena musibah tsunami sebenarnya masalah perbaikan untuk interior tak ubahnya seperti mobil pasca-terendam banjir, yakni ada beberapa komponen yang wajib diganti.

Baca juga: Mobil Bukan Tempat yang Aman untuk Berlindung dari Terjangan Tsunami

"Kalau perbaikan sama seperti terendam banjir. Pastinya ada pembersihan karena ada bekas-bekas lumpur juga. Dulu saya sudah pernah jelaskan, mungkin secara kerusakan ada perbedaan, karena konteksnya ini air laut bukan air biasa," ucap Anjar saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/12/2018).

Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.Mivecblog.com Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.
Sebelumnya, Anjar pernah mengatakan bila ada dua pilihan yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengembalikan interiornya seperti semula. Pertama melakukan pembersihan atau langsung restorasi sekaligus.

Secara biaya memang tidak murah, contoh untuk Xenia kisaran pembersihan interior usai tersendam banjir sekitar Rp 900.000 sampai Rp 1,3 jutaan. Namun biaya tersebut tidak termasuk dengan pergantian karpet bawah (dek), karena umumnya bila sudah terendam karpet akan rusak.

Baca juga: Jangan Abaikan Mobil yang Terkena Air Laut

Untuk restorasi, menurut Anjar tergantung dari seberapa parah tingkat kerusakan pada komponen di dalam kabin. Bila cukup banyak, maka biaya yang harus dikeluarkan pemilik mobil pun cukup besar, bisa sampai puluhan juta.

"Contoh untuk Xenia ya, full restorasi sampai ganti jok, doortirm, dasbord, serta komponen lain estimasi bisa Rp 35 sampai Rp 37 juta. Tapi biasanya kalau kasus mobil terendam banjir itu jok masih tetap bisa dipakai, hanya dibersihkan dan dijemur sampai benar-benar kering saja," kata Anjar.

Pemasangan Peredam di Kabin MobilCartens Pemasangan Peredam di Kabin Mobil
Head of Service 4W, 2W, & Marine PT Suzuki Indomobile Sales (SIS) Riecky Patrayudha, juga pernah mengungkapkan hal senada. Menurut Riecky, untuk interior Ertiga proses pembersihan interior pasca-terendam masih bisa dilakukan selama kondisinya tidak terlalu parah.

"Yang pasti karpet bawah itu diganti. Kalau kasus seperti banjir di Jakarta bersihkan interior kurang lebih Rp 2 juta, kita steam dan uap supaya kering. Kalau harus ganti semua komponen interior sudah pasti mahal, karena harga per itemnya juga tidak murah, untuk kisarannya harus cek dulu tapi di atas Rp 30 juta itu sih ada, apalagi sampai ganti jok," ucap Ricky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com