Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bersihkan Interior Mobil yang Kena Abu Vulkanik

Kompas.com - 28/12/2018, 07:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Efek hujan abu vulkanik dari erupsi gunung anak Krakatau berimbas langsung pada kendaraan yang lagi parkir di luar ruangan, di kawasan Banten dan sekitarnya. Abu ini bukan hanya berpengaruh pada eksterior dan mesin, tetapi interior juga bisa bermasalah, karena terdapat blower AC dan komponen lainnya.

Belum lagi yang menggunakan jok dengan material fabric, sehingga dalam membersihkan tidak bisa sembarangan. Perlu menggunakan alat pembersih khusus seperti vacuum cleaner.

"Jadi sebaiknya memang menggunakan alat itu, agar kotoran atau debu yang ada di interior bisa bersih lagi," kata Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City Deni Adrian ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (27/12/2018).

Selama membersihkan interior, kata Deni pastikan setiap ruang kecil juga dibersihkan sampai benar-benar tidak ada abu lagi. Efek jangka panjang, yaitu bisa berdampak pada performa dari pendingin kabin alias AC.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Interior Mobil yang Diterjang Tsunami

Sementara menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, filter AC juga harus dibersihkan karena debu yang menempel berpotensi masuk ke blower sehingga berbahaya untuk pernapasan, dan interior menjadi cepat kotor.

"Belum lagi yang perlu diwaspadai, adalah kondensor, evaporator karena apabila komponen ini dipenuhi debu maka kinerjanya menjadi tidak maksimal, AC menjadi tidak dingin lagi," ujar Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com