Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Agar Aki Mobil Lebih Awet

Kompas.com - 28/12/2018, 11:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Umur atau usia pakai aki pada mobil berbeda-beda. Idealnya kurang lebih sekitar 1,5 tahun hingga dua tahun, tergantung dari pemakaian dan juga bagaimana pemilik mobil tersebut melakukan perawatan.

Secara dasar aki mobil itu sendiri dibutuhkan perawatan agar performanya tetap maksimal dan juga bertahan lebih lama. Seperti dijelaskan Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, paling penting menjaga voltage accu pada 12 volt.

"Jangan menambah beban standar pada aki standar atau bawaan mobil. Kondisi itu yang bisa menjadikan aki cepat habis," ujar Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Sapta, cara lain seperti selalu memastikan semua lampu dalam keadaan mati ketika mobil berhenti atau parkir dengan jangka waktu yang cukup lama.

Baca juga: Cara Sederhana Merawat Aki Kering dan Basah

Selain itu, apabila mobil tersebut jarang digunakan maka sebaiknya nyalakan mesin setiap tiga hari sekali dengan waktu kurang lebih 10-15 menit.

"Jadi agar accu atau baterai mendapatkan pengisian dari alternator. Kalau tidak akan kosong begitu saja dan cepat habis," kata dia.

Baca juga: Aki Basah Versi Aki Kering, Mana yang Lebih Baik?

Sapta melanjutkan, yang tidak kalah penting adalah harus rajin membersihkan terminal aki dari kotoran dan juga melepas kabel aki ketika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

"Jelas hal seperti ini bisa menambah atau mempertahankan usia dari aki mobil itu sendiri," ucap Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com