Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Mobil Matik, Jangan Lupa Atur Persneling

Kompas.com - 26/12/2018, 14:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergi berlibur ke suatu tempat bersama keluarga menggunakan mobil pribadi, begitu menyenangkan. Apalagi, transmisinya otomatis sehingga pengemudi cukup mengatur momen menginjak pedal gan dan rem menyesuaikan kondisi jalan.

Tetapi, perlu diingat bahwa ada pantangan yang harus diperhatikan oleh Anda. Meskipun terdengar sederhana, tetapi efek jangka panjangnya bisa membuat daya tahan matik tersebut tidak bertahan lama.

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat menjelaskan, paling mudah ketika jalan macet atau lampu merah pindahkan posisi perseneling dari D (drive) ke N (netral).

Baca juga: Kenali Apa yang Ada di Tuas Transmisi Mobil Matik

"Kalau tetap bertahan di posisi D, maka transmisi dan gearbox akan terus bekerja. Fluida di dalam transmisi akan terus bekerja, kalau dipindahkan ke N tidak seperti itu," ujar Sapta belum lama ini kepada Kompas.com.

Tuas transmisi otomatik.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tuas transmisi otomatik.

Selanjutnya, kata Sapta jika melewati jalan menurun harus memanfaatkan engine brake. Hal tersebut agar menjaga keawetan dari matik dan membantu sistem pengereman bekerja dengan maksimal, karena dengan bantuan mesin itu akan lebih terbantu karena mobil tidak akan melaju kencang.

"Jika bisa gunakan posisi L atau 2 pada saat kendaraan melewati jalan menurun, Untuk tipe yang tidak ada L atau 2, maka bisa diubah ke manual kemudian turunkan ke gigi tiga atau 2," ucap Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com