Merasakan Tol Baru Naik Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 21/12/2018, 08:02 WIB
Menjajal tol baru di Jawa Timur dan Jawa TengahMMKSI Menjajal tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah

SEMARANG, KOMPAS.com - Peresmian ruas tol baru di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah tidak disia-siakan Mitsubishi untuk ikut merasakan jalur penghubung pulau Jawa tersebut. Kamis (20/12/2018), menggunakan tiga unit Mitsubishi Xpander ditambah dua unit Pajero Sport, rombongan berangkat dari Surabaya, tepatnya dari Proyek Lagoon PT PP.

Menggunakan Xpander varian Sport, Kompas.com bersama rombongan berangkat pukul 08.00 WIB, tujuan pertama adalah Simpang Susun Bandar yang berada di KM 671+700 Tol Jombang Mojokerto. Arah yang dituju adalah tol Waru arah Sidoarjo Mojokerto.

Meski sempat tertunda akibat keraguan arah perjalanan dan kemacetan di sekitar Surabaya, menuju ke perhentian pertama hanya memakan waktu perjalan sekitar satu jam.

Kondisi tol Jombang Mojokerta dapat dikatakan cukup baik meski ada beberapa jalan yang bergelombang. Sudah cukup banyak rambu jalan yang dipasang dengan beberapa penunjuk arah tersedia di ruas tol ini.

Lepas dari peresmian Simpang Susun Bandar, perjalanan dilanjutkan menuju ke Semarang. Ruas tol yang dijajal adalah Kertosono- Wilangan- Solo hingga Semarang.

Baca juga: Hari Ini, Jalan Tol Jakarta-Surabaya Akhirnya Tersambung

Selama perjalanan dengan Xpander, kecepatan sempat menyentuh 120 kilometer per jam. Tapi tentu kecepatan ini tidak disarankan ketika tol sudah terbuka untuk umum. Termasuk di malam hari, karena ruas tol ini tidak memiliki penerangan di sepanjang jalan kecuali area persimpangan.

Jalan tol sesi ini memiliki kontur yang cukup mulus dengan permukaan terdiri dari varian aspal dan beton. Pengendalian kendaraan cukup stabil selama perjalanan dengan kemudi Xpander berubah kaku dalam kecepatan tinggi dan kembali ringan saat berjalan perlahan.

Perhatian untuk ruas tol Surabaya hingga Solo ini masih cukup jarang ditemui area istirahat dengan layanan SPBU. Namun selama masa libur Natal dan tahun baru ini Pertamina menyediakan layanan pompa bergerak dengan jenis bahan bakar Pertamax serta di beberapa tempat tersedia PertaDex.

Disarankan untuk pengemudi kendaraan mengisi bahan bakar di kota-kota terdekat atau sudah mengisi penuh tangki bahan bakar.

Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi XpanderMMKSI Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander

Perjalanan dilanjutkan dengan menempuh ruas tol Semarang Solo segmen Salatiga Kartasura. Beberapa kali cuaca hujan berganti panas ditemui selama perjalanan. Di sini pengemudi wajib mewaspadai kecepatan kendaraan serta jarak antar mobil agar terhindar dari kecelakaan di perjalanan.

Ruas jalan tol yang cukup panjang membuat pengemudi cepat diterpa kebosanan dan rasa kantuk. Beruntung, audio Xpander memiliki beragam format hiburan mulai dari Aux, Radio, CD, USB dan Bluetooth untuk menemani sepanjang perjalanan.

Ini juga dapat menjadi perhatian pengemudi untuk mempersiapkan cemilan atau minuman guna menemani menempuh ruas tol yang konstan dengan jalan lurus tersebut. Tidak lupa untuk memanfaatkan area istirahat dan mengatur waktu perjalanan dan waktu istirahat secara efisien.

Memasuki ruas tol Solo Semarang terutama di wilayah Ungaran, jalan tol banyak diwarnai tanjakan dan turunan. Disini pengemudi diharapkan dapat menjaga kecepatan serta teknik berkendara yang tepat agar dapat melalui tanjakan dan turunan tanpa terkendala apapun.

Baca juga: Jajal Tol Baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah

Menuju ruas tol baru Pemalang-Batang-Semarang, kondisi jalan di ruas tol ini masih banyak tertutup debu dan kerikil. Kondisi ini akan sedikit menyulitkan pandangan dan berbahaya terutama saat arus lalu lintas cukup padat di tol baru tersebut.

Setelah menempuh kurang lebih 300 kilometer, rombongan tiba di titik terakhir peresmian tol Trans Jawa yakni jembatan Kali Kuto, Kendal, Jawa Tengah. Sama seperti ruas jalan baru lainnya, persiapan kendaraan dengan prima dan cadangan bahan bakar yang cukup akan mempermudah perjalanan di musim liburan.

Pengalaman menggunakan Xpander Sport sendiri cukup berkesan. MPV tersebut cukup nyaman dikendarai melewati ruas-ruas tol baru tersebut tanpa kendala. Dari informasi konsumsi bahan bakar rata-rata selama perjalanan menunjukkan angka 10,8 kpl.

Tambahan informasi, ketujuh ruas tol yang baru diresmikan adalah Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang), Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5, dan Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura). Selanjutnya, Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono), Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan, dan Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati).

Selama masa liburan ini, mulai Jumat (21/12/2018) dimulai pukul 06.00, tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah ini tidak akan dikenakan tarif alias gratis. Waktunya diperkirakan sampai Januari 2019 mendatang.

Pengisian bahan bakar di rest area tol baru Batang SemarangKompas.com/Setyo Adi Pengisian bahan bakar di rest area tol baru Batang Semarang



Close Ads X