Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal-Tahun Baru, Korlantas Terapkan "Contraflow" di Cikampek

Kompas.com - 15/12/2018, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana menerapkan sistem rekayasa lalu lintas contra flow jika terjadi kepadatan jalan di ruas Tol Cikampek, selama masa Natal dan tahun baru 2019. Teknik ini akan diberlakukan mulai Bekasi sampai Gerbang Tol Cikampek.

"Kepadatan yang utama di jalur Cikampek, karena di sana sedang ada tiga pekerjaan, yaitu Tol bertingkat, Kereta Api cepat, dan LRT," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri dalam siaran resmi, Sabtu (15/12/2018).

Refdi menjelaskan, rekayasa lalu lintas yang diterapkan bukan seperti Operasi Ketupat Lebaran 2018, yakni one way, karena dianggap kurang begitu efektif jika dibandingkan dengan lawan arah.

Baca juga: Dampak Negatif Rekayasa Lalu Lintas Satu Arah saat Arus Balik

"Jadi hanya contra flow saja yang akan kami terapkan pada ruas tertentu yang sangat mungkin kita lakukan nanti," kata Refdi.

Bukan hanya itu, kepadatan lalu lintas pada musim liburan nanti diprediksi dimulai 21/12/2018 dan berakhir 1 Januari 2019.

"Kita sudah melaksanakan rapat di Mabes Polri dan melibatkan semua instansi, Dir Lantas hingga Dir Sabhara se-Indonesia," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com