Libur Natal-Tahun Baru, Korlantas Terapkan "Contraflow" di Cikampek

Kompas.com - 15/12/2018, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana menerapkan sistem rekayasa lalu lintas contra flow jika terjadi kepadatan jalan di ruas Tol Cikampek, selama masa Natal dan tahun baru 2019. Teknik ini akan diberlakukan mulai Bekasi sampai Gerbang Tol Cikampek.

"Kepadatan yang utama di jalur Cikampek, karena di sana sedang ada tiga pekerjaan, yaitu Tol bertingkat, Kereta Api cepat, dan LRT," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri dalam siaran resmi, Sabtu (15/12/2018).

Refdi menjelaskan, rekayasa lalu lintas yang diterapkan bukan seperti Operasi Ketupat Lebaran 2018, yakni one way, karena dianggap kurang begitu efektif jika dibandingkan dengan lawan arah.

Baca juga: Dampak Negatif Rekayasa Lalu Lintas Satu Arah saat Arus Balik

"Jadi hanya contra flow saja yang akan kami terapkan pada ruas tertentu yang sangat mungkin kita lakukan nanti," kata Refdi.

Bukan hanya itu, kepadatan lalu lintas pada musim liburan nanti diprediksi dimulai 21/12/2018 dan berakhir 1 Januari 2019.

"Kita sudah melaksanakan rapat di Mabes Polri dan melibatkan semua instansi, Dir Lantas hingga Dir Sabhara se-Indonesia," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.