Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Pertamina Hadapi Persaingan pada 2019

Kompas.com - 30/11/2018, 17:30 WIB
Stanly Ravel,
Aris F Harvenda

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) tengah siapkan strategi untuk menyongsong perhelatan bisnis bahan bakar di 2019.

Salah satu upayanya adalah menambah jaringan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di 2019 hingga 200 lokasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, saat ini pihaknya sedang menjajaki peluang penambahan SBPU secara masif.

Baca juga: British Petroleum Mau Punya 350 SPBU di Indonesia

"Pertamina masih menjajaki peluang yang bisa menyinergikan dengan beberapa BUMN lainnya. Secara keseluruhan diperkirakan ada penambahan lebih dari 200 SPBU yang tersebar di sejumlah lokasi," kata Adiatma saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (30/11/2018).

Penambahan SPBU tersebut sejalan dengan pengembangan tiga channel yang akan dilakukan Pertamina pada 2019 mendatang.

Mulai dari penambahan lembaga penyalur SPBU dengan jenis reguler, mini, modular, dan kompak, pengembangan SPBU di lokasi potensial, serta pembangunan SPBU di wilayah 3T.

SPBU Pertamina 31.114.01 Jalan S. Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat RIMA WAHYUNINGRUM SPBU Pertamina 31.114.01 Jalan S. Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat
Pada 2019 mendatang, Pertamina juga bakal mengembangkan inovasi digital sebagai terobosan baru pada sektor pelayanan. Salah satunya seperti layanan Go Pertamina yang menggandeng Go-Jek sebagai layanan antar BBM ke konsumen.

"Go-Pertamina saat ini sudah mulai uji coba di Jakarta Selatan dan Pusat. Kita juga ada sejumlah terobosan lain yang sedang dikembangkan. Untuk nilai investasi pembangun SPBU itu bervariasi tergantung jenis, lokasi, dan fasilitas, rentangnya mulai dari Rp 1 sampai Rp 20 miliar," ucap Adiatma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com