Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Pembeli BMW dan Mini di Indonesia

Kompas.com - 14/11/2018, 17:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - BMW dan Mini merupakan merek asal Eropa yang cukup akrab di masyarakat Indonesia. Modelnya pun beragam, untuk BMW mulai dari sedan, hingga sport utility vehicle (SUV) sedangkan Mini lebih menonjolkan hatchback tiga hingga lima pintu.

Secara karakter konsumen, dijelaskan Jodie O’tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia dulu lebih banyak yang membeli secara tunai, tetapi dalam beberapa tahun terakhir mulai bergeser.

"Sekarang-sekarang menjadi berubah, yaitu sama-sama baik itu yang kredit dan juga tunai," ucap Jodie di BSD, Tangerang, Selasa (13/11/2018).

Jodie mengatakan, secara komposisi pembeli BMW dan Mini yang melakukan pembayaran tunai 50 persen, begitu juga dengan kredit berkontribusi 50 persen.

Baca juga: BMW X2 Cuma Ada 20 Unit di Indonesia

Pergeseran itu, kata Jodie bukan karena terjadi penurunan daya beli melainkan program dari perusahaan pembiayaan yang ditawarkan kedua merek itu kepada konsumen lebih beragam.

BMW Indonesia luncurkan First-Ever BMW X2.ISTIMEWA BMW Indonesia luncurkan First-Ever BMW X2.

"Beragam kemudahan diberikan kepada konsumen, mulai angsuran hingga uang muka yang ringan, sehingga akhirnya banyak juga yang membeli secara kredit, komposisinya sekarang bisa dikatakan seimbang," ujar Jodie lagi.

Masing-masing model, lanjut Jodie punya karakter pembeli yang berbeda-beda. Bahkan, semua model BMW dan juga Mini di Tanah Air sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga bisa diterima dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com