Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veteran MotoGP Bangkit dari Pensiun Balapan Motor Listrik

Kompas.com - 13/11/2018, 08:51 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu pebalap senior yang berjaya di era-era awal MotoGP, di mana usianya bahkan lebih tua dibanding Valentino Rossi, bangkit dari masa pensiunnya dan kembali balapan di kelas baru MotoE (listrik), Sete Gibernau.

Pria yang saat ini sudah menginjak usia 45 tahun tersebut, jadi pebalap terakhir yang mendaftar untuk ikut serta dalam MotoE, pasca menyetujui kesepakatan untuk bergabung dengan tim Pons, dari Motorsport.com, Senin (12/11/2018).

Terakhir kali pebalap Spanyol tersebut balapan di kelas utama pada 2009 di tim Onde-2000, dengan menuggangi Ducati GP9 (setelah vakum 3 tahun dari 2006). Sayangnya dirinya tak berhasil menyelesaikan satu musim penuh.

Baru-baru ini dia bekerja sebagai pelatih buat Dani Pedrosa, meskipun kemitraan mereka berakhir pada tahun ini, lantaran pebalap Repsol Honda memutuskan untuk pensiun.

Baca juga: Era Elektrifikasi Berlangsung di MotoGP 2019

Motor balap yang akan digunakan pada FIM Enel MotoE World Cup yang akan dimulai musim 2019 mendatang.MotoGP Motor balap yang akan digunakan pada FIM Enel MotoE World Cup yang akan dimulai musim 2019 mendatang.

“Tentu saja, saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan berpartisipasi dalam kejuaraan sepeda motor sejak saya pensiun secara permanen, tetapi kehidupan selalu membuat kejutan, setelah 10 tahun pensiun dan tanpa bersaing, saya di sini,” kata Gibernau.

"Saya berterima kasih kepada Sito Pons (pemilik tim) atas kesempatan yang telah diberikannya kepada saya. Ini membuat saya sangat bersemangat untuk hidup dan menjadi pilot generasi baru motor listrik ini, serta melakukan sedikit untuk meningkatkan perkembangannya,” ujar Gibernau.

Gibernau memulai kompetisi balap bersama Pons di kategori 250cc pada 1995, dan kemudian menikmati kesuksesan terbesarnya di MotoGP bersama dengan Honda Gresini, dengan menjadi runner up dunia pada 2003 dan 2004.

“Pengalaman dan kemampuannya adalah apa yang menjadikannya referensi kami. Saya sangat senang memilikinya dan saya ingin mulai bekerja sama dalam tantangan baru ini,” tutur Sito Pons.

Gibernau akan bergabung dengan orang-orang seperti Bradley Smith, Xavier Simeon dan Randy de Puniet di grid MotoE tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com