Biker Bongkar Pembatas Trotoar, Cara Pintas Berujung Celaka - Kompas.com

Biker Bongkar Pembatas Trotoar, Cara Pintas Berujung Celaka

Kompas.com - 09/11/2018, 12:02 WIB
Sejumlah pengendara sepeda motor bergotong royong menggeser beton pembatas di trotoar Jalan Casablanca, Jakarta Selatan, tepatnya di depan Taman Pemakaman Umum Menteng Pulo. Aksi mereka terekam kamera dan videonya kini beredar di media sosial. Sejumlah pengendara sepeda motor bergotong royong menggeser beton pembatas di trotoar Jalan Casablanca, Jakarta Selatan, tepatnya di depan Taman Pemakaman Umum Menteng Pulo. Aksi mereka terekam kamera dan videonya kini beredar di media sosial.

JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang lagi viral di media sosial, yaitu belasan pengendara sepeda motor saling bahu membahu membongkar trotoar, agar bisa lewat. Hal tersebut dilakukan karena jalan raya di sampingnya macet.

Alhasil, pengendara motor itu punya inisiatif mencari jalan pintas dengan melewati trotoar. Padahal, hal yang dilakukannya itu sudah melanggar aturan.

Menurut Edo Rusyanto, pengamat transportasi dan keselamatan jalan raya, masih banyak pengguna lalu lintas yang mencari jalan pintas tetapi melanggar aturan. Perlu disadari bahwa prilaku tersebut juga bisa menimbulkan kecelakaan.

Baca juga: Viral Video Pemotor Bongkar Trotoar, Ini Ancaman Hukumannya

"Saat mencari jalan pintas itu malah melanggar aturan yang berpotensi pada gesekan sosial, bahkan kecelakaan lalu lintas. Itu yang harus disadari oleh pengguna jalan lain," ujar Edo kepada Kompas.com, Kamis (8/11/2018).

Edo menjelaskan, terkadang pengguna kendaraan bermotor juga lupa akan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Jadi, sebaiknya saling introspeksi diri agar menciptakan budaya tertib berlalu lintas.

"Sekedar mengingatkan saja, bahwa kecelakaan lalu lintas jalan kerap kali dipicu oleh perilaku tidak tertib alias melanggar aturan, mau sampai kapan kita terus begini," kata Edo lagi.



Close Ads X