Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Mau Punya Sirkuit MotoGP di Lombok?

Kompas.com - 04/11/2018, 08:42 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pembuatan sirkuit bertaraf internasional untuk gelaran MotoGP, kembali mencuat. Ketika itu ada beberapa tempat yang dipandang cocok untuk gelaran balapan internasional itu, antara lain Sentul, dan juga Lombok.

Tempat terakhir ini sepertinya yang paling dekat memiliki kans untuk dibangun sirkuit bertaraf internasional. Dilansir dari Motorsport.com, delegasi dari Dorna termasuk sang ketua, Carmelo Ezpeleta dilaporkan mengunjungi Lombok bulan lalu.

Dari kunjungan tersebut disebutkan bahwa akan ada pengumuman resmi mengenai rencana pembangunan sirkuit tersebut dalam waktu dekat.

Pembuatan sirkuit tersebut dikatakan telah diserahkan pada sebuah kontraktor bernama Vinci Construction yang sudah mengakuisisi sekitar 133 hektar are di daerah Mandalika. Daerah ini merupakan kawasan bisnis terutama untuk resort dan hotel di bagian selatan pulau Lombok.

Baca juga: MotoGP Indonesia 2020 di Sentul atau Lombok?

Vinci juga yang akan menjadi investor utama untuk pembuatan sirkuit tersebut. Perusahaan asal Prancis itu juga akan menggelontorkan dana sebesar 900 juta Euro.

Bila sirkuit di Mandalika ini rampung, artinya MotoGP akan hadir secara resmi di negara ketiga terbesar di dunia dalam pasar roda dua.

Ezpeleta sendiri memberikan petunjuk mengenai kemungkinan balapan di Lombok ini tahun lalu.

“Ini sangat mungkin, menyelenggarakan sebuah sirkuit perkotaan di MotoGP. Ada proyek yang tengah berlangsung di sebuah kota yang hangat. Teorinya adalah sirkuit tersebut akan berada di sebuah perkotaan dan bagian tempat penonton akan terintegrasi dengan gedung-gedung,” ucap Ezpeleta.

Ezpeleta mengungkapkan nantinya tempat itu bisa untuk balapan. Sisa waktu lainnya akan dapat digunakan untuk beragam kegiatan.

Baca juga: Drama MotoGP Malaysia, Motor Alex Rins Terbakar

Beberapa waktu lalu Finlandia dan Meksiko berusaha untuk masuk dalam kalender MotoGP 2019. Namun hal tersebut tidak terjadi dan membuat MotoGP tahun depan tetap pada 19 seri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.