Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ignis Masih Jadi “City Car” Terlaris Sampai Sekarang

Kompas.com - 25/10/2018, 07:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Segmen mobil kota sepanjang Januari-September 2018, masih dikuasai oleh Ignis. Produk impor besutan Suzuki ini berhasil menguasai 48,72 persen, atau memperoleh sebanyak 12.144 unit.

Model yang berstatus completely built up (CBU) India ini, tercatat naik 25,30 persen jika dibandingkan dengan perolehan sembilan bulan 2017. Meski memang tahun lalu, wholesales Ignis baru masuk data Gaikindo pada Februari 2017.

Sedangkan membuntuti di tempat kedua ada Honda Brio , dengan pangsa pasar 32,29 persen, di mana total penjualan sebesar 8.048 unit. Punya tampilan baru, Honda hanya menargetkan Brio terjual perbulannya di angka 1.200 unit.

Baca juga: Hyundai Siap Produksi SUV dan Mobil Kota di Indonesia

Wholesales city car Januari-September 2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wholesales city car Januari-September 2018 (diolah dari data Gaikindo).

Kemudian di belakang Brio ada pendatang baru Cross, model Datsun yang bukan berstatus mobil murah alias LCGC. Mobil kota tersebut dipasok dari pabrik ke dealer sebesar 2.284 unit saja.

Lalu pada peringkat keempat dan kelima, ditempati oleh Nissan March dan Daihatsu Sirion, yang masing-masing memperoleh pangsa pasar 4,45 persen (1.110 unit) dan 3,77 persen (940 unit).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total pasar city car dalam negeri mencapai 24.926 unit. Meski sudah mengalami pengurangan model, karena discontinue (seperti Etios, Splash), serta ada yang berpindah segmen Chevrolet Spark, wholesales-nya masih naik (year on year) 1,48 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com