Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Mobil Kota Anjlok, Toyota Etios Terjun Bebas

Kompas.com - 23/03/2017, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penderitaan pasar mobil kota (city car) belum juga rampung, penjualannya masih belum menggembirakan. Penurunannya pada dua bulan pertama 2017 (Januari-Februari) mencapai 41,83 persen, dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi 2.511 unit.

Dua bulan pertama 2016 pun sebenarnya juga turun, tapi masih 33 persenan. Kehadiran segmen mobil murah (low cost green car/LCGC), bisa dibilang jadi salah satu penyebab amblasnya segmen ini, walaupun para produsen masih percaya city car masih memiliki konsumen setia.

Hampir semua model mengalami penurunan, kecuali Nissan March (+21,43 persen) dan Kia Picanto (+12,24 persen). Namun, penurunan terparah dialami oleh Toyota Etios yang anjlok sampai 80,88 persen, atau hanya mendapat jualan 160 unit (Januari-Februari 2017). Padahal tahun lalu bisa sampai 837 unit, pada periode yang sama.

Tempat runner-up yang biasa ditempati pun amblas, dan kali ini harus puas ada di belakang Daihatsu Sirion di posisi keempat. Sementara Honda Brio masih menjadi yang tertinggi, dengan penjualan (Januari-Februari 2017) sampai 1.232 unit, angka ini mengalami penurunannya di angka 19,11 persen.

Menyusul di urutan kedua ada Nissan March, di mana total pasokannya mencapai 561 unit, tumbuh 21,43 persen. Baru kemudian ada Daihatsu Sirion dengan perolehan 240 unit, atau turun 40,00 persen dibanding 2016.

Menanggapi hal tersebut, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor mengatakan, secara total semenjak tahun lalu, beberapa kebutuhan produk di beberapa segmen tertentu memang agak sedikit berubah haluannya. Karena itu Toyota mengantisipasi dengan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

“Hal ini sejalan dengan keadaan market yang memang shifting dari satu segmen ke segmen lain karena faktor perkembangan kebutuhan, khususnya terhadap kendaraan roda empat,” ujar Soerjo kepada KompasOtomotif, Rabu (22/3/2017).

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan Mobil Kota Januari-Februari 2017 (diolah dari data wholesales Gaikindo 2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com