Chopper Mini Monkey "Kadung Jeru" Hasil Kawin Silang - Kompas.com

Chopper Mini Monkey "Kadung Jeru" Hasil Kawin Silang

Kompas.com - 15/10/2018, 09:02 WIB
Kustom Honda Monkey Chopper Mini STANLY RAVEL Kustom Honda Monkey Chopper Mini


JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Honda Monkey berkonsep Chopper Mini dalam gelaran Kustomfest 2018, menjadi bukti bahwa kustom Chopper tak hanya bisa diaplikasi oleh sepeda motor berkubikasi besar. Bahkan saat diterapkan pada motor mungil ini justru membuat tampilannya unik.

Tapi jangan cepat terkecoh, meski berbasis Monkey Z50, namun hampir 90 persen motor kustom garapan Kinclong Retro Classic dibuat secara handmade. Mulai dari sasis, bodi, springer, pelek, bahkan sampai mesin sekalipun.

Bisa dibilang rombakan paling besar berada di sektor mesin. Karena dari dari informasi yang Kompas.com terima, Chopper Mini yang dijuluki "Kadung Jeru" ternyata memiliki mesin hasil "kawin silang" antara Honda Win 100 dan CBR150.

Baca juga: Falcon, Harley Chopper Bernuansa Suku Kulit Merah


Tidak heran ketika melihat tampilan mesin, memang sedikit ada yang aneh. Ternyata silinder head-nya mengambil milik CBR150 yang dirancang bangun ulang oleh Yusuf Psychoengine.

Builder kawakan asal Purwokerto yang sudah katam membuat mesin-mesin nyeleneh ini pun sukses mengawinkan kedua mesin beda generasi tersebut. Dengan melekatnya kepala silinder motor sport 150 cc tersebut, sekaligus menciptakan visual ruang mesin menjadi lebih padat.

Kustom Honda Monkey Chopper Mini STANLY RAVEL Kustom Honda Monkey Chopper Mini

Sementara untuk urusan sasis, kustom tangki, suspensi, sampai pelek semuanya digarap sendiri oleh Panji selaku punggawan Kinclong Retro Classic. Kreasi paling unik adalah pada bagian pelek yang ternyata hasil handmade rancang ulang pelek milik Vespa.

Baca juga: Virus Chopper Jokowi di Kustomfest 2018

Kentalnya tampilan khas Chopper di perlihatkan dari posisi setang serta desain tangki yang dibuat sedikit bulat namun dalam versi mungil. Untuk knalpot dibuat ala FFA dengan pipa memanjang ke atas bagian belakang senada dengan besi untuk bersandar saat berkendara.

Kustom Honda Monkey Chopper Mini STANLY RAVEL Kustom Honda Monkey Chopper Mini

Terakhir, guna mengimbangi tampilan "kinclongnya", Panji menyerahkan proses pengecatan ke tangan Danny Hacka di Solo. Hasilnya bisa dilihat sendiri, permainan kelir yang diterapkan cukup menggoda mata untuk melirik si Monkey kustom ini.



Close Ads X