Tilang Elektronik Tanpa Perlu Ubah Warna Pelat Nomor

Kompas.com - 21/09/2018, 07:55 WIB
Sebuah mobil yang ditindak polisi pada Kamis (26/7/2018). Dari foto, terlihat mobil yang ditindak menggunakan dua pelat nomor, masing-masing B 2276 TZA dan B 2279 TZA. Tujuannya untuk mengakali peraturan ganjil genap. Instagram/TMC Polda Metro JayaSebuah mobil yang ditindak polisi pada Kamis (26/7/2018). Dari foto, terlihat mobil yang ditindak menggunakan dua pelat nomor, masing-masing B 2276 TZA dan B 2279 TZA. Tujuannya untuk mengakali peraturan ganjil genap.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf menegaskan, dalam menerapkan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/E-TLE) tidak perlu mengganti warna dasar pelat nomor kendaraan. Alasan utama, CCTV yang akan dipasang masih sanggup merekam dengan jelas.

"Jadi daya tangkapnya itu akurat lebih dari 90 persen. Kalau sudah seperti itu tidak perlu lagi kita ganti warna dasar pelat nomor," ujar Yusuf ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (19/9/2018).

Yusuf melanjutkan, CCTV yang dipasang tersebut berbeda dengan yang punya Dishub, bahkan Polda Metro pun telah mengirimkan anggota ke China untuk membeli kamera pengintai tersebut.

Baca juga: Rencana Ganti Warna Pelat Nomor Kendaraan Ditunda

"Jadi modelnya beda, meskipun malam juga CCTV yang akan kita pakai nanti masih bisa menangkap pelat nomor kendaraan yang melanggar lalu lintas," kata Yusuf.

CCTV yang punya Dishub DKI Jakarta itu sendiri terbagi menjadi dua, yakni model Fixed Dome dan Pan Tilt Zoom.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tilang Elektronik, Bukti Pelanggaran Dikirim ke Rumah

Model Fixed Dome, merupakan tipe yang fokus pada satu titik atau kamera tetap dan dapat memperbesar objek dapat terpadu dengan server yang berada di Control Room di Unit Pengelola Sistem Pengendali Lalu Lintas.

Model ketua, yaitu PTZ, yang merupakan model kamera yang bisa bergerak ke atas dan ke bawah, kesamping, memperbesar objek dan dapat dikendalikan di ruang Control Room.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.