Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Positif Ganjil-genap pada Penjualan Sepeda Motor

Kompas.com - 05/09/2018, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mobil bekas, penjualan sepeda motor juga merasakan pengaruh positif dari perluasan ganjil genap. Sejak pemberlakukan pembatasan mobil pribadi, penjualan sepeda motor di DKI mulai mengalamai peningkatan.

Kondisi ini diutarakan oleh Chief Executive Astra Motor Sigit Kumala, yang mengatakan kalau tren penjualan motor berjalan cukup baik semejak usai Lebaran sampai saat ini.

"Masih bagus, tapi kalau dari ganjil-genap kami belum dapat data resminya, yang pasti pertumbuhan penjualan motor sejak habis Lebaran kemarin itu sudah cukup baik," ujar Sigit kepada wartawan di Jakarta, Selas (4/9/2018).

Baca juga: Perluasan Ganjil-Genap Gairahkan Pasar Mobil Bekas

Tidak hanya Honda, Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, juga mengakui adanya efek peningkatan penjualan dari jajaran produknya. Hanya saja, untuk meastikan apakah peningkatan tersebut akibat ganjil-genap atau memang tren sedang baik perlu ada kajian lebih mendalam.

Sales Promotion Girl berpose di samping mobil yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 29 April 2018 mendatang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Sales Promotion Girl berpose di samping mobil yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 29 April 2018 mendatang.

"Secara dampak ganjil-genap itu pasti ada, hanya saja perlu analisa lebih karena tidak serta merta juga aturan tersebut membuat orang beralih ke sepeda motor. Dari sisi pemerintah lebih mendorong beralih ke transportasi umum," ucap Antonius saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (4/9/2018).

Lebih lanjut Antonius, menjelaskan bila pada prinsipnya keberadaan regulasi pembatasan mobil pribadi akan membuat warga untuk memilih transportasi alternatif apa yang sesuai dengan kebutuhan dan yang bisa mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com