Produk BMW Buatan Indonesia, Semua Alami Penyesuaian

Kompas.com - 20/07/2018, 10:22 WIB
Pekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPekerja menyelesaikan perakitan mobil All-new BMW X3 di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). The All-new BMW X3 xDrive20i rakitan dalam negeri ditawarkan dengan harga Rp 1,009,000,000,- off-the-road.

JAKARTA, KOMPAS.com – Memanfaatkan kejasama dengan PT Gaya Motor, BMW Indonesia terus mencoba naturalisasi modelnya. Saat ini, setidaknya sudah ada lebih dari lima model atau 80 persen model yang dipasarkan di dalam negeri dirakit secara lokal.

Jodie O'tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia mengatakan, perakitan secara lokal bakal mengurangi waktu tunggu buat konsumen. Selain itu juga sekaligus memungkinkan harga yang lebih kompetitif.

Memang, ketika membandingkannya dengan model yang diimpor utuh atau completely built up (CBU), produk rakitan lokal mendapat penyesuaian, terutama soal fitur. Jadi ada perbedaan, antara CKD dan CBU.

“Spesifikasi model rakitan lokal sudah disesuaikan dengan konsumen dalam negeri. Kami sudah ada riset sebelumnya. Tentu tidak mungkin kami berikan fitur-fitur yang tidak perlu di Indonesia seperti pengatur suhu di tempat duduk. Percuma kan,” ujar Jodie, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: BMW Indonesia Tumbuh Dua Digit di Semester I/2018

All-new BMW X3 yang dirakit lokal di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI All-new BMW X3 yang dirakit lokal di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter.

“Sehingga semua mobil BMW lokal itu fitur-fiturnya sudah ideal. Maksutnya, fitur dan harganya sudah cocok dengan warga Indonesia,” kata Jodie.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, Ary Mariano, Presiden Direktur PT Gaya Motor mengungkapkan kalau soal kualitas, rakitan lokal tak sedikitpun melenceng dari standar asli Jerman. Dari mulai proses perakitan awal sampai akhir, terus diawasi oleh tim ahli BMW.

“Mereka selalu pastikan bahwa setiap kendaraan BMW produksi lokal, telah memenuhi standar tinggi laiknya dari fasilitas produksi BMW di belahan dunia lain. Pabrik Gaya Motor juga secara konsisten telah memenuhi ekspektasi BMW," kata Ary.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X