Kompas.com - 03/07/2018, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Nissan diprotes konsumen Leaf di Inggris sebab beberapa hal dalam materi iklan tidak sesuai kenyataan. Leaf bermasalah pada lama pengecasan dan klaim jarak tempuh.

Bbc.com melaporkan konsumen Leaf di Inggris meyakini ada yang salah dengan kampanye pemasaran Nissan. Leaf yang dinobatkan sebagai Electric Car of the Year for 2018 dari majalah What Car? sudah laku 2.600 unit di Inggris.

Pada tahun lalu Nissan mengklaim baterai Leaf mampu terisi 80 persen selama 40 menit menggunakan alat rapid charger dalam “kondisi mengemudi moderat”. Klaim itu tidak bermasalah selama dua kali cas, misalnya satu kali cas di rumah kemudian satu kali cas di luar rumah.

Konsumen komplain pada pengecasan ketiga dalam sehari karena waktu yang dibutuhkan lebih lama dari seharusnya. Hal itu juga terjadi pada pengecasan rapid yang kedua dalam sehari.

Dampaknya, konsumen yang mengemudi lebih dari 400 km bisa terganggu sebab perlu menunggu lama untuk pengecasan.

All New Nissan Leaf resmi diluncurkan untuk pasar Eropa All New Nissan Leaf resmi diluncurkan untuk pasar Eropa

Cas lebih lambat

John Weatherley, Direktur perusahaan di Inggris, mendapat pengalaman kesulitan itu ketika dia melakukan perjalanan 482 km. Dia bahkan perlu menunggu selama dua setengah jam untuk cas kedua.

“Mereka bilang mampu dicas 40 sampai 60 menit, jadi saya percaya mereka. Tapi itu tidak benar. Iklan itu benar-benar menyesatkan,” kata Weatherley.

Weatherley sudah komplain ke Nissan soal hal itu dan jawabannya cas rapid hanya ditujukan untuk dipakai sekali selama perjalanan jauh. Hal itu tidak diketahui semua konsumen Leaf.

“Temperatur eksternal, tipe mengemudi yang dilakukan sebelumnya, dan panas yang masuk ke baterai setelah cas sebelumnya bisa mempengaruhi waktu pengecasan,” jelas Gareth Dunsmore, Director of Electric Vehicles for Nissan Europe soal masalah itu ke bbc.com.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.