Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor yang Kelebihan Oli Punya Efek Negatif, Simak Ini

Kompas.com - 03/07/2018, 13:24 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sepeda motor diketahui punya daya tampung oli mesin yang berbeda-beda. Daya tampung ini sebaiknya dipatuhi oleh pemilik motor.

Mengutip dari laman resmi Wahana Makmur Sejati, disebutkan bahwa kelebihan oli dapat menimbulkan efek tidak baik pada mesin.

Wahana menyebut banyak yang beranggapan jumlah oli yang banyak justru akan memasok oli dengan kualitas baik. Namun anggapan ini salah.

Faktanya, kelebihan oli malah akan berdampak pada penurunan kualitas. Pasalnya, saat mesin bekerja akan menimbulkan gelembung-gelembung pada genangan oli, lalu bertabrakan dengan weight balance.

Baca juga: Hitung Waktu Ganti Oli untuk Vespa di Kota Besar

Cek oli motorOtomotifzone.com Cek oli motor

"Dalam takaran normal, seharusnya oli hanya untuk melapisi tidak perlu menggenangi. Jika oli menggenangi mesin, oli justru akan mudah keruh dan membuat kualitasnya menurun," tulis Wahana.

Karakter oli memiliki kekentalan yang konsisten. Sehingga volume berlebih justru akan menimbulkan hambatan pada mesin. Seperti kinerja mesin yang terasa berat dan membuat performa motor menjadi melempem.

Baca juga: Arus Balik, Pemudik Motor Disarankan Ganti Oli Mesin

"Jadi mulai sekarang hindari kelebihan oli pada motor agar tidak membuat motor mengalami kerusakan," kata Wahana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com