Rahasia di Balik Bobot Ringan dan Kenyamanan Ertiga Baru - Kompas.com

Rahasia di Balik Bobot Ringan dan Kenyamanan Ertiga Baru

Kompas.com - 03/07/2018, 08:02 WIB
All New Suzuki Ertigaistimewa All New Suzuki Ertiga

Denpasar, KOMPAS.COM - Secara tampilan Suzuki Ertiga terbaru memang hadir lebih segar. Namun di balik pesona desainnya yang baru ada ubahan revolusioner pada sasis.

Pengembangan yang dilakukan Suzuki terbilang besar pada sasis Ertiga terbaru. Desainnya berubah dari model kotak menjadi seperti trapesium, dan lebih ringkas aplikasinya.

Ubahan tersebut tentunya membawa hal positif, dan paling utama diklaim mampu memberikan kelebihan dalam pengendaran dan stabilitas.

Baca juga: Nasib Ertiga Diesel Masih Menggantung

Performa dan efisiensi

Secara bobot Ertiga baru lebih ringan 15 persen atau secara total berat kosong berkurang 50 kg.

Sasis All New Ertigaistimewa Sasis All New Ertiga
Bodi total yang lebih ringan ditambah dengan peningkatan daya mesin, secara teori memberikan kelebihan performa dan juga efisiensi BBM.

Perihal tersebut, Kompas.com akan mencoba lebih serius lewat tes khusus, untuk membuktikan teori dan klaim yang dirilis pihak Suzuki.

Kenyamanan

Selain bobot, ubahan sasis tersebut membawa angin segar untuk konsumen yang mengedepankan kenyamanan berkendara dan stabilitas.

Baca juga: Alasan Konsumen Beli Ertiga Generasi Terbaru

Desain sasis yang lebih ramping diklaim pergeseran body (body roll) lebih minim. Saat media test drive di Bali (27-29 Juni 2018) lalu, awak redaksi sempat mencoba.

Perbandingan Sasis Baru dan Lama pada Ertigaistimewa Perbandingan Sasis Baru dan Lama pada Ertiga
Benar saja, body roll berkurang dalam konteks manuver yang normal saat meliuk-liuk menuju Pantai Pandawa.


Bicara kenyamanan, Ertiga memang sudah dikenal MPV yang cukup nyaman. Ayunan suspensi terasa mumpuni, tidak keras dan tidak pula terlalu empuk, Efeknya gejala limbung pun berkurang.

Secara garis besar spek-up yang terjadi pada Ertiga baru terbilang murah untuk kenaikan harga Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta.

Komentar
Close Ads X