Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Ban Jadi Strategi Rossi Sukses di GP Catalan

Kompas.com - 16/06/2018, 16:05 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Valentino Rossi berhasil mencatatkan waktu tercepat di latihan bebas pertama di gelaran GP Catalan, Jumat (15/6/2018).

Meski kemudian pebalap Movistar Yamaha tersebut menempati posisi ke-11 ddi latihan bebas kedua, Rossi meyakini pemilihan ban jadi yang terpenting di seri kali ini.

"Saya mencatatkan waktu terbaik pagi ini (FP1). Siangnya saya berkonsentrasi pada pemilihan ban untuk memahami ban mana yang dapat memberikan hasil yang lebih baik. Tapi kami masih belum mendapatkan hasil terbaik," ucap Rossi seperti dilansir Crash.net.

Rossi menilai hasil latihan Jumat ini cukup baik mengingat dia dan tim Yamaha mencoba berbagai opsi. Kondisi sirkuit Catalunya yang baru saja mendapatkan lapisan aspal baru dinilai membantu mendapatkan catatan waktu terbaik terutama saat temperatur mulai naik di siang hari.

"Layout baru sirkuit saat ini menurut saya lebih baik. Namun kami masih mencatatkan waktu yang cukup dekat dengan pebalap lain. Kami akan bekerja keras saat latihan bebas dan bergantung pada pemilihan ban," ucap Rossi.

Baca juga: Rossi Jadi yang Tercepat di FP1

Rossi mengungkapkan dirinya banyak mengalami understeer, terutama saat di tikungan dengan kecepatan lambat. Ini sebabnya tim bekerja untuk mendapatkan komposisi ban yang tepat karena berpengaruh pada keseimbangan motor.

"Ini bergantung pada pemilihan jenis ban yang digunakan. Saya harus menemukan keseimbangan motor tapi juga harus melihat pemilihan ban," ucap Rossi.
Rossi saat ini berada di tempat kedua, selisih 23 poin dari pemuncak klasmen Marc Marquez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com