Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktifkan “Child Safety Lock” Biar si Kecil Tak Bisa Buka Pintu Mobil

Kompas.com - 13/06/2018, 17:26 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terkadang aktivitas anak kecil di dalam mobil saat mudik bisa sulit diatasi sampai lupa diawasi. Biar semua makin aman dan nyaman, ada baiknya pemudik mengaktifkan fitur Child Safety Lock.

Fitur pengaman pintu dari anak kecil itu sudah terdapat di banyak mobil-mobil masa kini. Biasanya, lokasi tuas ada di pintu tengah yang jadi akses ke jok baris kedua.

Fungsi Child Safety Lock membuat pintu tidak terbuka saat tuas pegangan pintu dibuka dari dalam -walau mobil sudah tidak dikunci.

Fitur pengaman ini menghindari pintu terbuka tiba-tiba ketika anak kecil memainkan tuas pegangan pintu saat mobil berjalan atau diam.

Baca juga: Jaga Mobil Tidak Melorot saat Libas Tanjakan Curam

Car Seatreviewsletter.com Car Seat

Cara mengaktifkan

Memungsikan Child Safety Lock sangat mudah. Tinggal mencari lokasi tuas, biasanya di bagian daun pintu tengah, kemudian digeser ke posisi “on” atau “lock”. Ada juga produsen yang menyediakan tombol pengatur dekat pengemudi.

Perlu dipahami, saat Child Safety Lock aktif berarti semua penumpang terkunci di dalam sepenuhnya karena pintu hanya bisa dibuka dari luar. Bila orang dewasa yang duduk di jok tengah ingin membuka pintu, hanya menurunkan kaca lalu membuka pintu dari luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com