Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mejeng di IIMS, Sehebat Apa Honda NSX GT3?

Kompas.com - 23/04/2018, 17:22 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain membawa konsep Small RS, BR-V facelift, dan Mobilio versi spesial aksesori, Honda Prospect Motor (HPM) juga membawa jagoan di arena balap, NSX GT3, buat menarik perhatian pengunjung di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Baca juga : Mobil Konsep Honda Dibuat Khusus untuk Indonesia

NSX GT3 dengan emblem Acura ikutan di ajang Detroit Grand Prix. Spesifikasi balap yang melekat sudah disesuaikan regulasi GT3 yang ditentukan Federation Internationale de I’Automobile (FIA).

NSX GT3 dirancang oleh Honda R & D di Jepang, melibatkan Honda Performance Development (HPD) serta bekerja sama dengan JAS Motorsport. Riset dan pengembangan sudah dilakukan sejak 2015, rancangan dibuat di Jepang dan Eropa, dirakit di Italia, kemudian diuji di lintasan balap di Santa Clarita, California.

Model buat balapan, mesin V6 3.5L Twin-turbocharged yang telah dimodifikasi sesuai GT3. Dapur pacu itu dipasangkan dengan transmisi XTRAC semi-otomatis 6-percepatan yang kemudian menggerakan ke roda belakang.

Honda NSX GT3 mejeng di Indonesia International Motor Show (IIIMS) 2018.Dok. HPM Honda NSX GT3 mejeng di Indonesia International Motor Show (IIIMS) 2018.

Buat kebutuhan balap, bodi dibuat lebih lebar dan rendah agar memaksimalkan titik pusat gravitasi dan mengurangi hambatan angin. Sasis alumunium mendukung kemampuan manuver di lintasan sekaligus modal aman keselamatan.

NSX GT3 telah mendapatkan izin balap di lebih dari 24 kompetisi balap di bawah payung FIA. Di antaranya, GT Blancpain, Nurburgring 24 Hour Race, Super GT FR300 Class, dan Pirelli World Challenge.

Honda NSX GT3 mejeng di Indonesia International Motor Show (IIIMS) 2018.Dok. HPM Honda NSX GT3 mejeng di Indonesia International Motor Show (IIIMS) 2018.

Pada musim balap pertama 2018, Honda NSX GT3 mulai diproduksi sebanyak 12 unit untuk para pecinta mobil balap di seluruh dunia. Pemasaran di Eropa, Asia dan Amerika Selatan di bawah naungan JAS Motorsport, pemasaran di wilayah Amerika Utara dilakukan oleh Honda Performance Development (HPD), dan di Jepang diolah Mugen.

“Mobil dengan desain yang sporty dan kencang di lintasan balap telah menjadi DNA Honda selama bertahun-tahun, sehingga melalui pameran ini kami ingin mengajak pengunjung mengenal lebih dekat salah satu mobil balap kami yakni Honda NSX GT3. Pengunjung juga dapat mencoba simulasi berkendara Honda NSX GT3 melalui virtual reality untuk merasakan pengalaman balap yang menyenangkan,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM dalam siaran resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com