Kompas.com - 13/04/2018, 09:32 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Setiap produsen kendaraan biasanya punya rekomendasi penggunaan oli untuk produk buatannya. Acuannya biasanya tingkat kekentalan oli yang bisa dikenali dari kode di kemasan.

Rekomendasi yang bisa ditemukan di buku petunjuk ini sebaiknya dipatuhi oleh pemilik kendaraan. Sebab jika tidak menggunakan oli dengan kekentalan sesuai anjuran, ada potensi mesin akan bermasalah.

Baca juga : Kenali Kode Kekentalan Oli Sebelum Membeli

Technical and Training Service Engineer Motul Indonesia Isadat Salam menyebut, masalah yang biasanya ditemui dari kendaraan yang menggunakan oli tak sesuai anjuran adalah mesin yang cepat panas dan bahan bakar cenderung lebih boros.

Kelebihan isi oli motorotoengine.com Kelebihan isi oli motor

"Misalnya motornya matik, tapi pakainya oli motor kopling, biasanya temperatur lebih panas dan tidak irit bahan bakar," kata Salam di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Menurut Salam, penggunaan oli dengan tingkat kekentalan tak sesuai anjuran masih bisa membuat kendaraan dioperasikan. Namun ia menilai pemilik akan rugi jika tak merasakan manfaat dari oli yang digunakannya. Apalagi jika oli yang digunakan harganya mahal.

Baca juga : Waktu Ideal Mengganti Oli Gardan di Motor Matik

"Memang masih bisa jalan. Tapi tidak akan mendapat manfaat atas dua hal tadi, yakni irit dan temparatur yang lebih terjaga," ucap Salam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.