Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Larangan Ganti-ganti Merek Oli

Kompas.com - 25/02/2018, 12:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Di tengah masyarakat seringkali kita mendengar seputar larangan untuk mengganti-ganti merek oli. Bila dilakukan, salah satu dampak yang diyakini akan terjadi adalah kurang optimalnya kinerja mesin.

Head Retail Division Astra Autoparts Indra Nugraha menyatakan mitos seputar larangan gontak ganti merek oli tidak benar. Sepanjang spesifikasi oli masih sama, pemilik kendaraaan bebas untuk mengganti merek oli sesuai yang disukainya.

Baca juga : Mobil Tak Terawat Karena Sibuk Kerja, Ini Solusinya

"Tidak masalah bila orang mau ganti oli A atau oli B karena faktor promosi, karena harga, atau karena ingin mencoba kualitas yang Lebih baik," kata Indra di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobilhttp://www.jupitergaragesheffield.co.uk Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

Menurut Indra, setiap produsen kendaraan hampir tidak pernah menyarankan penggunaan merek tertentu. Karena saran yang diberikan lebih ke jenis oli. Untuk jenis oli inilah yang diharapkan Indra dipatuhi oleh pemilik kendaraan.

"Jangan sampai mobilnya diharuskan menggunakan oli kadar SAE 10-40, tapi malah memakai kadar SAE 0-20 karena lagi ada produk baru. Padahal belum cocok untuk kendaraan," ucap Indra.

Baca juga : Layanan Oil Home Delivery Punya Prasyarat Khusus

Meski tidak mempermasalahkan gonta ganti merek oli, Indra menyatakan sangat jarang menemukan konsumen yang demikian. Sebab konsumen dianggap punya kecendrungan loyal terhadap merek oli yang digunakannya.

"Karena kalau konsumen sudah yakin dengan pilihannya pasti dia merasa enak," ucap Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com