Jualan Avanza Masih Kalah Sama Xpander

Kompas.com - 13/04/2018, 07:22 WIB
Salah satu proses produksi Xpander. IstimewaSalah satu proses produksi Xpander.

Jakarta, KOMPAS.com - Penjualan Mitsubishi Xpander mulai menyalip Toyota Avanza sejak Februari 2018. Dua bulan pertama tahun ini, low multi purpose vehicle (LMPV) Mitsubishi secara wholesales terjual 14.479 unit, sementara "mobil sejuta umat" Toyota 14.316 unit.

Pencapaian tersebut sekaligus menjadikan Xpander menduduki takhta teratas di segmen LMPV, yang selama ini selalu dihuni Avanza.

Hasil penjualan Maret 2018 pun, Xpander masih lebih tinggi dari Avanza. Secara wholesales terjual 7.493 unit, sedangkan ritel lebih besar, yaitu 9.338 unit.

Sementara Avanza, seperti diinformasikan oleh Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) penjualan dari pabrik ke diler untuk Maret 2018 mencapai 7.097 unit, sedangkan diler ke konsumen 7.173 unit.

Baca juga: Lawan Xpander, Avanza Harus Berubah Total

"Kalau jualan Avanza, lebih bagus bulan kemarin dibandingkan sebelumnya," kata pria yang akrab disapa Soerjo kepada KOMPAS.com melalui pesan singkat, Kamis (12/4/2018).

Jika diakumulasikan penjualan wholesales Xpander Januari-Maret 2018 sudah mencapai 21.972 unit, dan Avanza baru tembus 21.413 unit. Xpander unggul 559 unit dari Avanza dalam tiga bulan pertama 2018.

"Kita tidak melihat persaingan berdasarkan model, tetapi yang penting pasar nasional bergerak positif," ucap Soerjo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X