Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Xpander, Avanza Harus Berubah Total

Kompas.com - 29/03/2018, 16:25 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com –  Sudah berusia sekitar 14 tahun, Avanza dengan ruh tampilan konservatifnya masih sangat kuat dominasinya di dalam negeri. Meski begitu, kedatangan pesaingnya Xpander yang punya tampang kekinian, membuat LMPV Toyota tersebut mungkin harus berkaca diri.

Entah karena euforia atau tidak, sulit mengelak kalau respon pasar akan Xpander sangat besar, di dua bulan pertama ini takhta mobil terlaris versi wholesales bahkan sudah berhasil direbut. Sementara Toyota belum terendus bakal menyiapkan serangan balik lewat pembaruan produk.

Berbincang dengan Budi Antony, Operation Manager Astrido dealer resmi Toyota, dirinya menyebutkan kalau konsumen  mereka saat ini sangat berharap kalau Avanza, bisa mendapatkan perubahan total. Ini yang diproyeksi kemudian, dapat mengembalikan takhta Avanza di puncak klasemen.

Baca juga : Avanza Laris Dibeli Borongan

Toyota Grand New Avanza di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.KOMPAS.com/FEBRI ARDANI Toyota Grand New Avanza di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

“Tentu total change seperti Rush seperti yang diinginkan konsumen. Memang secara keseluruhan berubah. Hampir semua seperti itu (keinginan konsumen), kalau Avanza keluar baru seperti Rush, Avanza pasti nomor satu lagi,” ucap Budi, Kamis (29/3/2018).

Namun, Budi menaruh keyakinan penuh kepada Avanza, kalau eksistensiya bakal kembali ada di puncak, meski mengalami penurunan sesaat. Dirinya mengatakan itu berdasarkan kisah-kisah masa lalu, meski digempur banyak model LMPV merek lain, kenyataannya masih kuat sampai sekarang.

“Tapi biasa, sejak mulai Ertiga muncul, selalu Avanza terkena sedikit, habis itu naik lagi kembali ke nomor satu. Lalu Mobilio datang, dan kami mengalami hal yang sama. Jadi kejadian ini persis seperti waktu Ertiga, Mobilio dan sekarang terulang di Xpander. Biasanya begitu kondisinya. Itu beberapa bulan saja, euforia produk baru,” kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com