Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Program Andalan Jokowi yang Ada di IIMS 2018

Kompas.com - 12/04/2018, 19:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 akan berlangsung pada 19-29 April mendatang. Sebagai salah satu pameran otomotif bergengsi di Tanah Air, akan ada hal-hal baru yang ingin ditonjolkan penyelenggara pada perhelatan IIMS tahun ini.

Project Director IIMS Hendra Noor Saleh mengatakan, untuk tahun ini, hal-hal baru yang ingin dikedepankan penyelenggara sangat terkait erat dengan program-program andalan Presiden Joko Widodo.

Menurut Hendra, tercatat ada tiga program Jokowi yang bisa diaplikasin dalam penyelenggaraan pameran otomotif seperti IIMS, yakni memajukan sistem digital, menonjolkan karya anak bangsa, dan pengembangan mobil listrik.

Baca juga : Pameran Mobil Zaman Now, IIMS 2018 Pakai Tiket Online

"Kebetulan bapak Presiden kita kan visinya sangat luar biasa dalam tiga elemen ini," kata Hendra kepada Kompas.com, Kamis (12/4/2018).

Penampakan motor Chopper yang dibeli oleh Presiden Joko Widodo, sesaat sebelum diantarkan ke Istana Bogor dari Elders Garage, Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (20/1/2018). Joko Widodo, membeli sepeda motor modifikasi Chopperland karya anak bangsa. Ditaksir sejak pertama ketemu pada perayaan sumpah pemuda 28 Oktober 2017 lalu.KOMPAS.com / GHULAM MUHAMMAD NAYAZRI Penampakan motor Chopper yang dibeli oleh Presiden Joko Widodo, sesaat sebelum diantarkan ke Istana Bogor dari Elders Garage, Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (20/1/2018). Joko Widodo, membeli sepeda motor modifikasi Chopperland karya anak bangsa. Ditaksir sejak pertama ketemu pada perayaan sumpah pemuda 28 Oktober 2017 lalu.

Pria yang akrab disapa Kohen ini memastikan ketiganya akan hadir mewarnai penyelenggaraan IIMS 2018. Untuk sistem digital, Kohen mencontohkan tidak lagi berlakunya tiket masuk dengan kertas. Tapi tiket fisik dengan teknologi near field communications atau NFS yang berbentuk gelang.

Proses pemesanan dan registrasi tiket juga bisa dilakukan secara online. Sehingga saat datang ke pameran, pengunjung cukup memperlihatkan bukti pemesanan. Sehingga tidak perlu lagi repot-repot melakukan registrasi di lokasi acara.

Baca juga : Asosiasi Pomodifikasi Siap Memperkenalkan Diri di IIMS 2018 

Untuk karya anak bangsa, Kohen mencontohkan hadirnya motor-motor modifikasi custom dari para builder yang tergabung di Innovative and Creative Automotive Society atau Increase. Nantinya di stan Increase, pengunjung akan dapat melihat berbagai motor modifikasi berbagai aliran karya modifikator dalam negeri, salah satunya chooperland yang dimiliki oleh Jokowi.

Mobil Listrik buatan Mahasiswa di pameran IIMS 2016Aditya Maulana, KompasOtomotif Mobil Listrik buatan Mahasiswa di pameran IIMS 2016

Sedangkan untuk program mobil listrik, Kohen menyebut akan ada pameran mobil listrik, baik produk pabrikan ternama maupun buatan mahasiswa. Mobil-mobil listrik ini bahkan tidak hanya sekedar dipamerkan, tapi juga bisa dites oleh pengunjung.

Baca juga : Festival Mobil Listrik Akan Meriahkan IIMS 2018

"Karya anak bangsa memang sudah seharusnya diberi panggung. Kami berkomitmen ingin menjadikan IIMS sebagai wadah agar kreativitas anak-anak muda ini bisa digaungkan," ucap Kohen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com