Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajarkah Banderol RX-King Sampai Rp 300 Juta?

Kompas.com - 06/04/2018, 17:02 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Salah satu Yamaha RX-King lansiran 1997 tengah viral di media sosial. Pasalnya, pemilik membanderol motornya itu seharga Rp 300 juta.

Standar harga motor bekas yang lawas seperti King memang sulit diukur. Sepanjang pembeli tak keberatan, penjual bebas menentukan harga sesuai keinginannya. Apalagi, belakangan ini King tengah menjadi buruan bagi mereka yang hobi motor. Pascadistop produksinya pada 2005, King justru jadi primadona di kalangan penggemar motor lawas.

Mengenai harga King yang mencapai Rp 300 juta ini, Kompas.com mencoba menanyakan pendapat beberapa pemilik diler motor bekas yang menjual King. Salah satunya Andreas, pemilik diler motor bekas Pelangi Motor di Jatinegara, Jakarta Timur.

Baca juga: Bukti Sulitnya Mengukur Harga Jual RX King

Beberapa motor Yamaha RX King yang dijual di diler motor bekas Yanto Motor, Pancoran Mas, Depok, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa motor Yamaha RX King yang dijual di diler motor bekas Yanto Motor, Pancoran Mas, Depok, Rabu (31/1/2018).

Andreas menilai ada beberapa faktor yang membuat harga King mahal, seperti peminat yang banyak, terutama dari para anggota komunitas. Selain itu, status King yang sudah stop produksi membuat keberadannya langka. Adapun faktor terakhir adalah keaslian bentuk. Jika tidak dimodifikasi, harga King bisa semakin tinggi.

Meski demikian, sepanjang berkecimpung dalam jual beli King, Andreas belum pernah menjual hingga mencapai ratusan juta rupiah. Harga termahal yang pernah dilepasnya hanya di angka Rp 17 juta. King yang dijual adalah lansiran tahun 2002.

Baca juga : Begini Cara Agar RX King Bisa Dibeli Kredit

"Kalau saya jual, untung sedikit langsung saya lepas. Kalau orang lain ambil untung banyak mungkin," ujar Andreas kepada Kompas.com, Jumat (6/4/2018).

Salah satu RX King tahun 1996 yang ditawarkan dijual dengan harga Rp 11 juta di diler Pelangi Motor, Jatinegara, Jakarta Timur. Tampak motor tersebut sudah tidak menggunakan pelek bawaan asli motor.Pelangi Motor Salah satu RX King tahun 1996 yang ditawarkan dijual dengan harga Rp 11 juta di diler Pelangi Motor, Jatinegara, Jakarta Timur. Tampak motor tersebut sudah tidak menggunakan pelek bawaan asli motor.

Pengakuan yang sama juga dilontarkan Boy Fajar, pemilik diler motor bekas Asia Mandiri Bersama di Duren Sawit, Jakarta Timur. Menurut Boy, harga termahal yang pernah dilepasnya masih di angka Rp 25 juta.

Pada kasus King yang dibanderol Rp 300 juta, pemilik mengaku motornya belum pernah digunakan sejak pertama kali dibeli. Dalam arti, motor hanya jadi pajangan hampir 22 tahun terakhir.

Untuk kondisi seperti itu, Boy mengaku punya King lansiran 2003 dengan kondisi nyaris sama. Motor dalam kondisi pajak hidup, bentuknya masih sesuai standar pabrik, dan jarak tempuh baru 4.000 kilometer. Untuk motornya ini, Boy membanderolnya di angka Rp 30 juta.

Baca juga: RX King Ngetren Lagi, Anggota Baru Terus Daftar KCDj

"Kondisi 99 persen masih seperti dari diler 15 tahun lalu. Cuma jadi pajangan di kamar. Kalau ada yang mau saya lepas Rp 30 juta, enggak usah sampai Rp 300 juta," ujar Boy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com