Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vario, Bus Jadul Mercedes yang Pernah Dipakai DAMRI

Kompas.com - 22/03/2018, 16:45 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Pada pertengahan era 1990-an, Mercedes Benz diketahui pernah memproduksi bus sedang yang diberi nama Vario. Bus ini tercatat banyak digunakan di beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Salah satu pihak yang pernah menggunakan bus Mercy Vario adalah Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI), sebuah BUMN yang menjalankan bisnis sebagai operator angkutan umum. Vario dioperasikan sebagai angkutan perintis di wilayah Kalimantan Barat.

Baca juga : Bus Damri Pontianak-Kuching Sepi Penumpang, Menhub Ingin Tarif Diturunkan

Vario yang diperkenalkan pada 1996 merupakan "facelift" dari model terdahulunya, T2. Vario dibuat dalam dua varian mesin, masing-masing OM 602 DE LA yang berkubikasi 2.874cc dengan lima silinder segaris, dan OM 904 LA yang berkubikasi 4.249 dengan empat silinder segaris.

Seluruhnya bermesin diesel dengan turbocharged dan intercooled. Mercy tercatat menghentikan produksi Vario pada 2013, untuk kemudian digantikan model terbaru, Sprinter dan Atego.

Bus Mercedes Benz Vario yang dimiliki Perum DAMRI.  Bus ini menjadi satu dari beberapa bus lawas yang dipamerkan di acara Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus) 2018 di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi Bus Mercedes Benz Vario yang dimiliki Perum DAMRI.  Bus ini menjadi satu dari beberapa bus lawas yang dipamerkan di acara Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus) 2018 di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.
Mercy Vario yang pernah dimiliki DAMRI tercatat ada dua unit. Namun hanya satu yang masih tersisa dan bisa dioperasikan dengan baik. Namun bus tersebut tidak lagi digunakan DAMRI sebagai angkutan perintis di Kalimantan Barat. Tapi sudah disimpan di Kutoarjo, Jawa Tengah. Sedangkan yang satu lagi sudah rusak berat dan berada di Balikpapan (Kaltim).

Khusus untuk yang di Kutoarjo, bus tersebut kini menjadi satu dari beberapa bus lawas yang dipamerkan di acara Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus) 2018 di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.

Baca juga : DAMRI Dapat Diskon Suku Cadang Hino

"Untuk Vario ini, awalnya dulu DAMRI mengusulkan beli enam. Tapi karena harganya mahal, cuma dikasih dua," kata mantan Direktur Teknik DAMRI Bagus Wisanggeni saat ditemui Kompas.com, di sela-sela acara pameran Incubus 2018, Kamis (22/3/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com