Mazda Gembira Kalau Pajak Sedan Jadi Turun

Kompas.com - 15/03/2018, 07:03 WIB

Jakarta, KOMPAS.com - Produsen otomotif banyak yang menyambut positif, soal rencana pemerintah mau menurunkan pajak sedan. Faktor utama, bisa menjadikan pasar lebih besar dari sekarang karena harga semakin kompetitif.

Salah satunya, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai importir dan distributor resmi Mazda di Indonesia, ikut mendukung dan gembira jika benar pajak sedan menjadi turun.

"Tentunya itu menjadi kabar baik, tetapi kami juga harus melihat dulu bagaimana aturannya nanti," kata Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI di Jakarta, Rabu (14/3/2018) malam.

Lantas, apakah nanti banderol sedan Mazda ikut turun? Menurut Roy tidak bisa diputuskan sekarang ini karena aturan baru perlu dipelajari dan kemudian didiskusikan langsung dengan prinsipal di Jepang.

Baca juga: Kemenperin Targetkan Maret, Pajak Sedan Baru Rampung

"Strategi masing-masing merek berbeda-beda. Ada yang menambah fitur harga menjadi tetap, ada juga mungkin yang menurunkan harga, oleh karena itu tergantung dari hasil kebijakannya nanti," ujar Roy.

Roy melanjutkan, kalau pasar menjadi meningkat sudah pasti karena daya beli masyarakat terhadap sedan otomatis tinggi. Sebab, selama ini sedan masih menjadi model yang paling nyaman, tetapi di Indonesia harganya tergolong mahal.

"Mungkin nanti jika turun, pasarnya akan membesar tetapi tidak sebesar MPV atau SUV," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.