Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Rencana Datsun Cross Pakai Mesin Lebih Besar

Kompas.com - 09/03/2018, 14:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Walaupun di Rusia sebenarnya ada opsi mesin Datsun berkapasitas lebih besar, 1.6L, model-model yang dijual di Indonesia sepertinya bakalan bertahan dengan pilihan 1.2L saja. Bos insinyur Datsun global, Nobuyuki Kawai, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018), menyebut 1.2L cocok buat Indonesia.

Di Rusia, sedan on-Do dan hatchback mi-Do menggunakan pilihan mesin 1.6L. Sementara itu di pasar besar Datsun lainnya, India, ada opsi 800cc dan 1.0L pada Redi-GO.

Datsun Redi-Go 1.000 ccindianautosblog.com Datsun Redi-Go 1.000 cc
Datsun mi-Do debut di Moscow Motor Show 2014.Worldcarfans Datsun mi-Do debut di Moscow Motor Show 2014.

Baca: Harga Resmi Datsun Cross Jadi Lebih Murah

Di Indonesia, model baru Cross yang mendobrak dengan CVT dibekali mesin lama, 1.2L, persis dipakai di GO dan GO+. Ketiganya menggunakan mesin berkode HR12DE yang pernah digunakan pada Nissan March, Note, dan Almera di Thailand.

“Sejauh ini saya tidak punya rencana, jadi menurut kami basis yang cocok adalah 1.2L,” kata Kawai, punya jabatan resmi Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit, Nissan Motor Co., Ltd, saat menjawab kemungkinan Cross dipasangi mesin lebih besar.

Cross yang didesain crossover dirancang menggunakan basis MPV 7-penumpang GO+. Meski begitu ada banyak fitur sebagai pembeda, yaitu auto light + follow me home, Anti-lock Braking System (ABS), parking sensor, immobilizer, keyless alarm, Vehicle Dynamic Control (VDC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com