Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri 3 Dominasi Penjualan Mobil Bekas BMW

Kompas.com - 22/02/2018, 15:25 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Astra Autoprima salah satu diler resmi mobil bekas BMW di Jakarta dan Surabaya, berhasil membukukan penjualan 127 unit sepanjang 2017. Model yang mendominasi, yaitu Seri 3, Seri 5, hingga X1.

Sama seperti divisi mobil baru, Seri 3 selalu menjadi tulang punggung penjualan. Tahun lalu terjual 915 unit, sedangkan mobil bekasnya mendominasi sekitar 55 persen sampai 60 persen.

"Setiap tahun selalu seperti itu, karena memang Seri 3 paling diminati oleh konsumen," ucap Kepala Cabang Astra Autoprima Sunter Terry Tham di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Kamis (22/2/2018).

Baca juga: Jual BMW di Sini, Masih Terima Bekas Pemakaian 7 Tahun

Sementara untuk tahun ini, lanjut Terry target naik menjadi 140 unit. Prediksi model yang paling laris, tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu Seri 3, Seri 5, dan SUV.

"Unit yang sudah tersedia untuk tahun ini sekitar 30-an unit dan paling banyak memang Seri 3. Ini untuk wilayah Jakarta dan Surabaya," kata dia.

BMW Premium SelectionAditya Maulana - KompasOtomotif BMW Premium Selection

Astra Autoprima itu sendiri hanya memiliki dua diler, pertama di Jakarta Utara dan kedua di Surabaya.

"Kami belum mau menambah jaringan lagi, tetapi kami optimis bahwa pasar mobil bekas premium terus menggeliat tahun ini," ucap Terry.

Modal

Terry melanjutkan, target pembelian mobil bekas dari konsumen untuk tahun ini diperkirakan harus mencapai 200-an unit, bahkan model awal pun sudah dipersiapkan dan meningkat dari tahun lalu.

"Kalau tahun lalu Rp 20 miliar, sekarang menjadi Rp 25 miliar. Itu model awal dan berputar tentunya, karena uang sebanyak itu tidak cukup juga untuk membeli 200 unit BMW, karena paling murah saja sekitar Rp 400 jutaan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com