Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Rusak Parah, Mitsubishi Jual Sasis Pajero Sport

Kompas.com - 17/02/2018, 09:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Bulan lalu Mitsubishi menerima pemesanan  sasis dari salah seorang pengguna Pajero Sport. Sport Utility Vehicle (SUV) punya konsumen itu mengalami kecelakaan cukup parah, sampai rusak ke bagian rangka.

Sebenarnya, apabila sasis sampai rusak masih bisa diperbaiki dengan cara menarik bagian yang rusak. Namun, harus dilihat juga seberapa parah tingkat kerusakannya.

Kebetulan, pemilik Pajero Sport kata Abdul Rauf, Department Head After Sales Field Region I Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), yang bersangkutan memilih mengganti sasis baru.

"Mungkin yang kecelakaan itu sasisnya tidak bisa digunakan lagi, jadi dia pilih beli baru," ucap pria yang akrab disapa Rauf belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Komentar Rossi, Vinales dan Zarco Soal Sirkuit Buriram

Rauf menjelaskan, sebaiknya memang jika rusak sampai ke sasis mending diganti baru ketimbang diperbaiki. Sebab, nanti akan berpengaruh pada keseimbangan dan keamanan.

Proses

Setelah konsumen pesan ke diler, lanjut Rauf tahap yang harus dijalankan pembeli, yaitu mengurus surat rekomendasi kepada pihak polisi untuk keperluan pembuatan nomer rangka.

"Semua itu yang mengurus konsumen, setelah ada rekomendasi dari polisi, baru kita berani untuk mengetok atau membuat nomer rangka yang sama seperti di sasis sebelumnya," kata Rauf.

Proses pembuatan nomer rangka dilakukan di pabrik, sebab tidak boleh sembarangan. Polisi juga akan memberikan surat rekomendasi apabila dinyatakan mobil itu tidak memiliki masalah hukum.

Harga

Sementara mengenai harga, Sunarjadi, Deputy Group Head of After Sales Planning & Trainning Group MMKSI menambahkan, secara pasti tidak tahu, tetapi estimasi sekitar Rp 10 juta sampai Rp 20 juta.

Baca juga: Pajero Sport dan Xpander Jagoan Mitsubishi Sepanjang 2017

"Itu hanya sasisnya saja, belum lagi biaya lain seperti pembuatan nomor rangka dan pemasangan. Kalau secara keseluruhan saya tidak begitu tahu," kata Sunarjadi di tempat sama.

Menurut Sunarjadi, mengganti sasis juga tidak sembarangan. Hanya tipe ladder frame yang bisa, sementara monocoque tidak dapat diganti.

"Kalau Pajero Sport itu ladder frame jadi bisa. Model lainnya kita pakai monocoque," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com