Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar “Hatchback” Masih Jadi Miliknya Honda

Kompas.com - 16/02/2018, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Bulan pertama di 2018, PT Honda Prospect Motor (HPM) umumkan kesuksesannya, dengan mempertahankan dominasinya di segmen hatchback dalam negeri. Pangsa pasarnya meningkat dibanding 2017 lalu.

Lewat produk Honda Jazz dan Civic Hatchback, mereka menguasai total pangsa pasar sebesar 62 persen dengan penjualan 1.456 unit (Januari). Perolehan pangsa pasar tersebut melonjak 10 persen, di mana pada 2017 berada di angka 52 persen.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, penjualan model-model Honda di segmen tersebut memberikan kontribusi sebesar 10,7 persen, dari total penjualan Honda di Januari.

“Lebih penting lagi, produk-produk Honda di segmen ini juga termasuk yang mengalami peningkatan penjualan yang paling signifikan, dibanding bulan sebelumnya. Kami percaya penjualan produk-produk hatchback Honda pada bulan pertama ini, akan menjadi modal yang baik untuk bulan-bulan mendatang,” ujar Jonfis dalam siaran resminya, Kamis (15/2/2018).

Baca juga : Hatchback Terlaris 2017, Jazz dan Yaris Bersaing Ketat

Honda Civic Hatchback Turbo bantu penjualan Honda pada Juni 2017.Honda Honda Civic Hatchback Turbo bantu penjualan Honda pada Juni 2017.

Khusus untuk Honda Jazz, sudah terjual sebanyak 1.195 unit dengan pangsa pasar 51 persen, pada Januari. Pencapaiannya lebih tinggi 16 persen daripada Desember 2017, yang hanya membukukan sebesar 1.027 unit.

Lalu untuk Honda Civic Hatchback, memberikan tambahan pangsa pasar sebesar 11 persen bagi Honda di kelas tersebut, setelah meraih penjualan 261 unit. Jumlah penjualannya juga meningkat, di mana pada Desember hanya sebanyak 24 unit.

Secara total nasional sepanjang Januari 2018, 2.349 unit mobil di segmen hatchback sudah terjual, atau sekitar 2,5 persen dari total penjualan mobil yang mencapai 95.892 unit. Honda sendiri mencatat total penjualan 13.572 unit, dengan pangsa pasar 14,2 persen. Honda Brio, Honda HR-V dan Honda Mobilio menjadi tiga model penyumbang penjualan terbesar, untuk Honda di bulan pertama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com