Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KALEIDOSKOP Otomotif

"Hatchback" Terlaris 2017, Jazz dan Yaris Bersaing Ketat

Kompas.com - 28/12/2017, 09:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Persaingan disegmen hatchback tidak kalah menarik, jika dibandingkan dengan kelas lain. Meski didominasi Honda Jazz dan Toyota Yaris, tetapi merek lain mulai mengubah peta penjualan.

Misal, kehadiran Suzuki Baleno hatchback cukup membuat rival khawatir. Apalagi, beberapa bulan terakhir di tahun ini model itu berhasil menyalip penjualan Yaris.

Bicara mengenai hasil penjualan wholesales (diler ke pabrik) berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), periode Januari-November 2017, Jazz masih menjadi terlaris.

Selama 11 bulan terakhir ini, Jazz sudah terjual 15.073 unit. Hasil tersebut turun jika dibandingkan tahun lalu 17.337 unit diperiode yang sama.

Baca juga: Tahu Beda "Hatchback" dengan "City Car"?

Urutan kedua dihuni Yaris dengan total penjualan 10.160 unit. Hasil tersebut juga menurun dari tahun lalu yang mencapai 14.489 unit.

Suzuki Baleno HatchbackAditya Maulana - Otomania Suzuki Baleno Hatchback

Baleno hatchback langsung meningkat ke posisi ketiga dengan total penjualan selama lima bulan (Juli-November) 2017 mencapai 2.140 unit. Setelah Baleno, Civic hatchback menjadi terlaris ke empat dengan hasil penjualan mencapai 1.450 unit, selama enam bulan terakhir di 2017 ini.

Selanjutnya Mazda2 harus puas diurutan kelima dengan total penjualan 1.273 unit. Hasil tersebut menurun tajam dari tahun lalu 2.581 unit. Kedua terakhir, dihuni Kia Rio dengan total penjualan 414 unit sepanjang 11 bulan terakhir tahun ini. Terakhir, VW Polo dengan 384 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com