Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Wisata Eksotis Banyuwangi Ala Mercedes Jip Indonesia

Kompas.com - 13/12/2017, 08:43 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Nusa Dua, KompasOtomotif -  Dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak tempat-tempat wisata eksotis yang bermunculan di Banyuwangi, Jawa Timur. Sejumlah tempat tersebut seperti Jawatan Benculuk, Alas Purwo, dan Pulau Santen.

Jawatan Benculuk merupakan hutan trembesi yang dianggap mirip dengan suasana film-film fantasi produksi Hollywood. Sedangkan Alas Purwo merupakan salah satu taman nasional yang telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO. Sementara itu, Pulau Santen merupakan destinasi wisata pantai baru yang ramah untuk wanita dan anak-anak.

Baca juga : Berita Foto: Hutan Lord of The Rings di Banyuwangi

Berangkat dari hal itulah, para pecinta mobil Mercedes G-Class, Mercedes Jip Indonesia (MJI) mengadakan turing menjelajahi tempat-tempat wisata eksotis di Banyuwangi, dilanjutkan dengan menyeberang ke Bali pada 8-12 Desember 2017.

Kegiatan tersebut diikuti 62 mobil Mercedes G Class milik para anggota MJI dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Aceh, Batam, Pekanbaru, Medan, Palangkaraya, Samarinda, Balikpapan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. Mengusung tema "Explore Hidden Paradise", turing kali ini mendapat dukungan dari Pertamax Turbo dari Pertamina.

Tur komunitas Mercedes Jip Indonesia di Banyuwangi dan Bali pada 8-12 Desember 2017.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Tur komunitas Mercedes Jip Indonesia di Banyuwangi dan Bali pada 8-12 Desember 2017.

Ketua MJI Cokorda Adnyana mengatakan, turing tersebut merupakan kegiatan rutin MJI yang bertujuan untuk mempererat persaudaraan antaranggota sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap sesama melalui kegiatan sosial.

"Selama ini, MJI melakukan agenda rutin tahunan, seperti tur ke beberapa daerah objek wisata, dengan harapan dapat mengenal lebih jauh daerah daerah wisata yang ada di Indonesia, dan dapat berkumpul bersama seluruh anggota MJI," kata Cokorda saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Selasa (12/12/2017).

Baca juga : Bertualang di Alas Purwo

Tur komunitas Mercedes Jip Indonesia di Banyuwangi dan Bali pada 8-12 Desember 2017.Dokumentasi MJI Tur komunitas Mercedes Jip Indonesia di Banyuwangi dan Bali pada 8-12 Desember 2017.

"Jadi kita tujuannya memang ingin mencari tempat-tempat wisata yang tidak mainstream, yang memang jarang dikunjungi dan kita tidak setiap hari lewat di situ. Karena banyak tempat-tempat eksotik yang kalau tidak dipopulerkan tidak akan ketahuan lokasinya ada di situ," ujar Cokorda.

Pria kelahiran Bali yang notabene dekat dari Banyuwangi ini, mengaku baru pertama kalinya mengunjungi tempat-tempat wisata eksotis di Banyuwangi. Dari pengalamannya itu, Cokorda mengaku takjub.

"Saya dari dulu bolak-balik Banyuwangi tidak pernah mampir. Dan ketika sampai di sana, langsung kaget. Wah ini memang beyond ekspektasi kita. Saya pikir cuma hutan biasa. Ternyata ada bukit-bukit hijau ala di Eropa. Dan tenryata ini di Banyuwangi," pungkas Cokorda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com