Laporan dari Spanyol.

Faktor Penentu Pebalap Indonesia Tampil di Balap GP

Kompas.com - 23/11/2017, 17:42 WIB
Andi Gilang bersama Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma (kanan) dan Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya. KompasOtomotif-Donny AprilianandaAndi Gilang bersama Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma (kanan) dan Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya.
|
EditorAgung Kurniawan

Valencia, KompasOtomotif – Mimpi hampir setiap pebalap motor adalah tampil di Grand Prix (GP), alias ajang tertinggi. Bisa Moto3, Moto2, atau bahkan MotoGP. Sama halnya dengan para pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang kini meniti karir di Eropa.

Dimas Ekky sudah menyelesaikan kompetisi FIM CEV Moto2 Eropa di posisi keenam. Sementara Andi Gilang mencapai posisi ke-17 dalam ajang Kejuaraan Dunia Moto3 Junior FIM CEV. Masih ada step yang harus dilalui jika ingin tampil di GP.

Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma, di Valencia, Spanyol, (19/11/2017), mengatakan bahwa jika memang para pebalap binaan AHM ingin fight di arena GP, baik itu Moto3, Moto2, atau MotoGP, hanya pebalap yang bisa melakukannya.

Baca: Baca juga : Beda ?Kebiasaan Sehat? Lingkungan Pebalap Indonesia-Eropa

”Mereka harus bisa menunjukkan prestasi dan dieseleksi oleh tim-tim di GP, bukan dari kami. Kami di sini hanya mendorong mereka dan memberi jalan,” ucap Inuma.

Inuma menambahkan bahwa banyak tim bernaung di GP. Jika memang pebalap binaan AHM menunjukkan prestasi dan dicomot salah satu tim, AHM akan memberi dukungang penuh.

Kesempatan
Kesempatan untuk berlaga di kelas utama memang sangat besar. Dimas misalnya, sudah dipercaya untuk menggantikan Jorge Navarro di tim Federal Oil Gresini Racing Moto2 saat seri MotoGP di Malaysia, beberapa waktu lalu.

Pebalap Astra Honda Racing Team, Dimas Ekky Pratama, bersiap memasuki lintasan sirkuit pada sesi kualifikasi FIM CEV Moto2 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (18/11/2017). Selain Dimas Ekky Pratama, Astra Honda Racing Team juga menurunkan Andi Gilang di kelas Moto3.KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Pebalap Astra Honda Racing Team, Dimas Ekky Pratama, bersiap memasuki lintasan sirkuit pada sesi kualifikasi FIM CEV Moto2 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (18/11/2017). Selain Dimas Ekky Pratama, Astra Honda Racing Team juga menurunkan Andi Gilang di kelas Moto3.
Ini menunjukkan bahwa potensi pebalap binaan AHM sudah dilirik tim bertaraf internasional. ”Itu pengalaman yang sangat penting buat Dimas. Saya yakin sekarang Dimas punya motivasi lebih baik dari sebelumnya. Kepercayaan dirinya meningkat,” kata Inuma.

Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya, menambahkan di kesempatan yang sama, bahwa inilah tujuan AHM membentuk Astra Honda Racing Team (AHRT). Tujuannya adalah bisa mengirimkan rider-rider Indonesia meraih mimpi.

Baca: Baca juga : Pebalap Indonesia yang Berlaga di Eropa Butuh ?Coach?

”Kami fasilitasi untuk mengirimkan teman-teman (pebalap), membuka peluang, kesempatan dan mengembangkan skill. Para pebalap memang harus improve, kami menyediakan lapangan dan jalurnya untuk melangkah lebih tinggi,” kata Thomas.

Kata lainnya, para pebalap binaan AHM memang harus berlomba untuk dipilih jadi salah satu pebalap di sekian banyak tim di Grand Prix balap motor.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X