Daftar Negara ASEAN dengan Setir Kanan dan Setir Kiri

Kompas.com - 20/11/2017, 10:42 WIB
Peta negara ASEAN dengan posisi setir kemudi. Warna kuning mengacu pada negara-negara yang menerapkan setir kanan. Sedangkan hijau menerapkan setir kiri. www.worldstandars.euPeta negara ASEAN dengan posisi setir kemudi. Warna kuning mengacu pada negara-negara yang menerapkan setir kanan. Sedangkan hijau menerapkan setir kiri.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Association of South East Asian Nations (ASEAN) tengah mewacanakan pemberlakuan penyelarasan Surat Izin Mengemudi (SIM). Dalam acara ASEAN Traffic Police Forum (ATPF) 2017 di Bali belum lama ini, sudah dihasilkan rumusan mengenai pemberlakuan SIM ASEAN.

Namun pemberlakukan SIM ASEAN masih punya kendala, yaitu menyamakan persepsi model peraturan SIM antar negara. Sebagai contoh, masih ada perbedaan soal konfigurasi kemudi, dan lain sebagainya.

Baca juga : Penyelarasan SIM ASEAN Masih Ada Kendala

Saat ini, posisi setir kemudi negara-negara ASEAN memang belum seragam. Sebagian memberlakukan setir kanan, sedangkan yang lainnya memberlakukan setir kiri.

Interior sedikit berubah, mirip tapi ada beberapa titik perbedaan seperti pada setir dan lubang AC.Nissan Interior sedikit berubah, mirip tapi ada beberapa titik perbedaan seperti pada setir dan lubang AC.

Interior naik kelas, ada audio 2DIN layar sentuh dan tombol pengatur pada setir.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Interior naik kelas, ada audio 2DIN layar sentuh dan tombol pengatur pada setir.

Posisi setir kemudi di suatu negara mengacu pada aturan lalu lintas yang diberlakukan di negara tersebut. Jika lalu lintasnya menggunakan lajur kiri, maka setir berada di sebelah kanan. Begitupun sebaliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari 11 negara yang tergabung di ASEAN, enam menggunakan setir kanan, sedangkan lima menggunakan setir kiri.

Mengutip informasi di www.worldstandars.eu, negara-negara yang menggunakan setir kanan adalah:
- Indonesia
- Malaysia
- Singapura
- Brunei Darussalam
- Thailand
- Timor Leste

Sedangkan negara-negara yang menggunakan setir kiri adalah:
- Kamboja
- Myanmar
- Laos
- Vietnam
- Filipina

Pemberlakuan SIM ASEAN diyakini akan mampu mempererat hubungan antar negara di Asia Tenggara. Namun penerapannya belum bisa dipastikan kapan akan dimulai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.