Penggerak Roda Depan Vs Belakang, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 18/11/2017, 10:22 WIB
Ilustrasi Mobil dengan posisi mesin di depan dan menggerakkan roda depan juga. buildyourownracecar.comIlustrasi Mobil dengan posisi mesin di depan dan menggerakkan roda depan juga.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan

Depok, KompasOtomotif — Sistem penggerak roda pada kendaraan bermotor, khususnya mobil, masih menjadi perdebatan calon konsumen. Ada yang berpendapat kalau sistem penggerak belakang (rear wheel drive) lebih baik ketimbang depan (front wheel drive), atau sebaliknya.

Faktanya, kedua jenis sistem ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Demikian yang disampaikan Manajer Umum Eksekutif PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto.

Untuk mobil berpenggerak roda depan, Soerjo menyebut biasanya unggul dalam hal akselerasi dan kenyamanan, tetapi lemah dalam hal mengangkut beban. Sistem penggerak ini biasanya umum digunakan pada mobil jenis sedan.

Hal sebaliknya terjadi pada mobil penggerak roda belakang. Soerjo menyebut mobil-mobil jenis ini biasanya unggul dalam kemampuan mengangkut beban. Inilah sebabnya mobil-mobil jenis offroad banyak menggunakan sistem ini.

Baca juga: Mengenal Istilah Sistem Penggerak Roda Mobil

"Penggerak belakang secara beban lebih bagus, lebih mampu untuk angkat beban lebih banyak. Tapi akselerasinya kurang. Jadi masing-masing punya keunggulan," kata Soerjo di Depok, Jumat (17/11/2017).

Toyota Rush Generasi Terbaruistimewa Toyota Rush Generasi Terbaru

Soerjo menyampaikan penjelasan ini saat ditanya mengenai sistem penggerak roda yang nantinya digunakan Toyota Rush model terbaru. Soerjo masih merahasiakan jawabannya. Ia pun meminta awak media untuk menunggu peluncuran yang dijadwalkan dilangsungkan pada 23 November mendatang.

Baca juga: Ini Dia Tampang Asli Toyota Rush Terbaru

Diluncurkannya Toyota Rush model terbaru secara resmi menggantikan produksi model sebelumnya. Pada model terdahulu, Rush diketahui menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X