Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamilton Sempat Tak Sadar Raih Juara Dunia F1

Kompas.com - 30/10/2017, 13:14 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Meksiko, KompasOtomotif – Walau finis ke-9 di GP Meksiko pada Minggu (29/10/2017), Lewis Hamilton, berhasil mengukuhkan diri sebagai juara dunia Formula One (F1) musim ini. Rekor pria asal Inggris itu kini sama dengan Sebastian Vettel, yakni empat kali juara dunia F1.

Hamilton sebenarnya tampil buruk di GP Meksiko. Dia sempat berada di posisi terakhir setelah mobilnya bersentuhan dengan rival terberat musim ini, Vettel pada putaran pertama. Mobil Hamilton rusak, dia terpaksa membalap tanpa diffuser belakang.

Hamilton bisa terus berjuang sampai finis ke-9 hingga perolehan poinnya tidak bisa dikejar Vettel yang cuma sanggup menyelesaikan balapan di posisi ke-4. Sementara GP Meksiko dimenangi oleh Max Verstappen. Walau masih ada dua seri tersisa, 333 poin yang dikumpulkan Hamilton tidak bisa dikejar Vettel dengan 277 poin.

“Itu adalah cara yang buruk untuk menang kalau boleh jujur. Tapi apa yang bisa saya lakukan?” kata Hamilton, disitat dari crash.net.

Sepanjang balapan Hamilton mengatakan terus bertanya kepada tim tentang klasemen, namun dia mengaku tidak pernah tahu kalau sudah dinobatkan sebagai juara dunia.

“Hari ini adalah balapan yang paling tidak biasa. Menjadi 40 detik di belakang itu sangat buruk, seperti di ‘No Man’s Land’, tetapi Anda harus tetap berpikir untuk masa depan,” kata Hamilton.

Hamilton menjadi orang kelima sepanjang sejarah F1 yang pernah juara dunia sebanyak empat kali. Prestasi itu mengikuti Juan Manuel Fangio, Alain Prost, Michael Schumacher, dan Vettel. Hamilton adalah orang Inggris paling sukses di sejarah F1, sebelumnya ada Jackie Stewart yang mendapat tiga kali juara dunia F1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com