Hamilton Sempat Tak Sadar Raih Juara Dunia F1

Kompas.com - 30/10/2017, 13:14 WIB
Lewis Hamilton mendapatkan titel juara dunia F1 keempatnya di GP Meksiko, Minggu (29/10/2017). crash.netLewis Hamilton mendapatkan titel juara dunia F1 keempatnya di GP Meksiko, Minggu (29/10/2017).
|
EditorAzwar Ferdian

Meksiko, KompasOtomotif – Walau finis ke-9 di GP Meksiko pada Minggu (29/10/2017), Lewis Hamilton, berhasil mengukuhkan diri sebagai juara dunia Formula One (F1) musim ini. Rekor pria asal Inggris itu kini sama dengan Sebastian Vettel, yakni empat kali juara dunia F1.

Hamilton sebenarnya tampil buruk di GP Meksiko. Dia sempat berada di posisi terakhir setelah mobilnya bersentuhan dengan rival terberat musim ini, Vettel pada putaran pertama. Mobil Hamilton rusak, dia terpaksa membalap tanpa diffuser belakang.

Hamilton bisa terus berjuang sampai finis ke-9 hingga perolehan poinnya tidak bisa dikejar Vettel yang cuma sanggup menyelesaikan balapan di posisi ke-4. Sementara GP Meksiko dimenangi oleh Max Verstappen. Walau masih ada dua seri tersisa, 333 poin yang dikumpulkan Hamilton tidak bisa dikejar Vettel dengan 277 poin.

“Itu adalah cara yang buruk untuk menang kalau boleh jujur. Tapi apa yang bisa saya lakukan?” kata Hamilton, disitat dari crash.net.

Sepanjang balapan Hamilton mengatakan terus bertanya kepada tim tentang klasemen, namun dia mengaku tidak pernah tahu kalau sudah dinobatkan sebagai juara dunia.

“Hari ini adalah balapan yang paling tidak biasa. Menjadi 40 detik di belakang itu sangat buruk, seperti di ‘No Man’s Land’, tetapi Anda harus tetap berpikir untuk masa depan,” kata Hamilton.

Hamilton menjadi orang kelima sepanjang sejarah F1 yang pernah juara dunia sebanyak empat kali. Prestasi itu mengikuti Juan Manuel Fangio, Alain Prost, Michael Schumacher, dan Vettel. Hamilton adalah orang Inggris paling sukses di sejarah F1, sebelumnya ada Jackie Stewart yang mendapat tiga kali juara dunia F1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.