Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibid Ajak Masyarakat Beli Mobil di Balai Lelang

Kompas.com - 25/10/2017, 18:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif Balai lelang Ibid sebagai salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya (Sera) yang merupakan anak perusahaan Astra International, ingin lebih memasyarakatkan pembelian mobil secara lelang buat konsumen ritel atau yang disebut individu. Saat ini dikatakan pembeli mobil di pelelangan didominasi para pedagang mobil bekas.

“Jadi kalau kami survei, jumlah pedagang itu 90 persen, sedangkan 10 persen itu individu,” ucap Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Ibid, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Ibid yang berdiri sejak 2007 saat ini memiliki 10 kantor cabang dan menggelar pelelangan di 30 kota di seluruh Indonesia. Ada dua mekanisme pelelangan yang tersedia yaitu onsite (digelar di lokasi lelang, penawar bertatapan langsung) dan online.

Persentase pembeli dari kalangan individu saat ini sudah semakin baik, kata Daddy. Jika menengok kondisi tiga tahun lalu, dia mengatakan individu cuma 2 persen.

Salah satu perubahan yang dibawa Daddy buat meningkatkan pembeli individu yaitu menambah jadwal pelelangan. Dia menjelaskan, biasanya pelelangan Ibid dilakukan pada hari Rabu. Di waktu itu para pembeli individu sulit meluangkan waktu, makanya jadwal pelelangan ditambah pada hari Sabtu.

Baca: Lelang Mobil Koruptor Ludes dalam 90 Menit

“Harapan saya saya enggak muluk-muluk, next saya mau di angka 10 – 15 persen, jadi enggak mengalahkan teman-teman yang pedagang, mereka tetap dominan,” ucap Doddy. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com