Kompas.com - 25/10/2017, 18:20 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif Balai lelang Ibid sebagai salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya (Sera) yang merupakan anak perusahaan Astra International, ingin lebih memasyarakatkan pembelian mobil secara lelang buat konsumen ritel atau yang disebut individu. Saat ini dikatakan pembeli mobil di pelelangan didominasi para pedagang mobil bekas.

“Jadi kalau kami survei, jumlah pedagang itu 90 persen, sedangkan 10 persen itu individu,” ucap Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Ibid, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Ibid yang berdiri sejak 2007 saat ini memiliki 10 kantor cabang dan menggelar pelelangan di 30 kota di seluruh Indonesia. Ada dua mekanisme pelelangan yang tersedia yaitu onsite (digelar di lokasi lelang, penawar bertatapan langsung) dan online.

Persentase pembeli dari kalangan individu saat ini sudah semakin baik, kata Daddy. Jika menengok kondisi tiga tahun lalu, dia mengatakan individu cuma 2 persen.

Salah satu perubahan yang dibawa Daddy buat meningkatkan pembeli individu yaitu menambah jadwal pelelangan. Dia menjelaskan, biasanya pelelangan Ibid dilakukan pada hari Rabu. Di waktu itu para pembeli individu sulit meluangkan waktu, makanya jadwal pelelangan ditambah pada hari Sabtu.

Baca: Lelang Mobil Koruptor Ludes dalam 90 Menit

“Harapan saya saya enggak muluk-muluk, next saya mau di angka 10 – 15 persen, jadi enggak mengalahkan teman-teman yang pedagang, mereka tetap dominan,” ucap Doddy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.