Kompas.com - 04/10/2017, 07:22 WIB
Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade boschBosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Cuaca di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sudah mulai diguyur hujan. Jika sudah seperti itu, pengguna mobil wajib mengecek beberapa komponen penting, salah satunya wiper.

Perangkat ini cukup krusial ketika musim hujan, sebab menjadi tumpuan utama untuk menjaga visibilitas pengemudi, dengan membersihkan kaca depan mobil saat berkendara. Jangan sampai fungsi wiper menjadi tidak maksimal, karena bisa mengganggu penglihatan pengemudi.

Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, wiper yang harus diganti itu apabila sapuannya sudah tidak rata lagi atau karetnya mulai keras.

"Ketika menyapu air, ada garis dan tidak bersih. Itu yang sudah harus diganti," ucap Iwan kepada KompasOtomotif melalui pesan singkat, Senin (2/10/2017).

Baca juga: Kebiasaan Buruk Bikin "Wiper" Berumur Pendek

Faktor lain, lanjut Iwan jika sudah menimbulkan bunyi juga harus diganti dengan yang baru. Alasannya demi keamanan ketika berkendara dalam kondisi hujan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Soalnya kalau menyapu air hujan tidak akan bersih lagi, jadi harus diganti dengan yang baru karetnya," ujar Iwan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X